Lihat ke Halaman Asli

Urgensi Psikologi Komunikasi Dakwah di Era Globalisasi

Diperbarui: 16 Januari 2022   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum kita masuk kedalam pokok permasalahannya mengenai Urgensi Psikologi Komunukasi Komunikasi Dakwah di Era Globalisasi ini. kita akan membahas apa itu psikologi itu sendiri.

Psikologi berasal dari bahasa Yunani Psyxche yang artinya jiwa, dan Logos artinya ilmu pengetahuan. Jadi Psikologi ialah ilmu yang mempelajari tentang jiwa yang mencakup gejala maupun prosesnya.

Sedangkan komunikasi ialah sesuatu yang penting untuk kehidupan manusia. Komunikasi juga merupakan salah satu hubungan antar manusia ketika manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. 

Ada juga komunikasi secara istilah bahasa inggris 'Communications' atau dari bahasa latin 'Communicatio' yang berarti "sama". Komunikasi yang efektif adalah komunikasi antara orang yang menyampaikan pesan dengan orang yang merima pesan. Dan komunikator berusaha "kebersamaan" engan komunikan.

Di Era dan dimasa yang sudah semakin canggih sudah banyak lahir alat bantu komunikasi sehingga manusia sudah tidak perlu bersusah [ayah untuk berhubungan untuk jarak yang sangar jauh. 

Disadari atau tidak pada era globalisasi ini umat manusia semakin dekat antara satu sama lain namun Dakwah di era globalisasi ini dimana dunia dan seluruh umat manusia yang tanpa batas hidup di dunia semakin menciut kadar keimanannya. 

Terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi, komunikasi, informasi, dan transformasi. Oleh karena itu kunci dari keberhasilan dalam mengembangkan Dakwah di era globalisasi ini dengan memanfaatkan manajemen Dakwah moern.

Zaman boleh berkembang namun metode Dakwah tidak boleh tertinggal. Dengan mempertimbangkan segmentasi mad'unya. Media Dakwah bukan hanya dengan lisan namun juga dengan tulisan, penyiaran, dan bimbingan dan tindakan langsung, hal ini dilakukan untuk penyesuaian dan keberhasilan penyebaran Dakwah. 

Media komunikasi menjadi salah satu saluran untuk berDakwah namun keberhasilan Dakwah oleh Da'i secara tidak langsung ditentukan dari pemilihan media yang dipilihnya. 

Di era reformasi ini dengan memiliki iman dan taqwa ditambah dengan luasnya ilmu pengetahuan manusia sudah mencapai titik tertingginya dimana mereka sudah melahirkan amal shaleh untuk kebahagiaan mereka di dunia maupun di akhirat. 

Salah satunya dengan memaksimalkan peran dakwah yang akan diterima. Serta mempelajari ilmu tentang alam dan ilmu manusia dalam berhubungan sesama manusia yaitu disebut ilmu sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline