Lihat ke Halaman Asli

Ciptakan Ketahanan Pangan Melalui Sosialisasi Edukasi Berbasis Poster Sadar Sejarah Agraria

Diperbarui: 13 Agustus 2023   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sragen (22/7/2023) – Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Katelan, Kec, Tangen, Sragen, menyelenggarakan sosialisasi dengan media poster sadar sejarah agrarian yang berisi materi pembentukan kelompok tani dan kebijakan penanaman tanaman obat di Pendopo Balai Desa Katelan dengan menggandeng ibu-ibu PKK desa Katelan.

Salah satu sektor pembangunan desa Katelan yaitu melalui bidang pertanian. Potensi Katelan terlihat sangat besar pada aspek pertanian terutama komoditas tebu dan jagung. Sektor pertanian yang stabil tentu mendukung desa untuk menciptakan ketahanan pangan yang baik. Menurut UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan, Ketahanan Pangan adalah “kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan”.
 

Dokpri

Melalui kegiatan KKN UNDIP di desa Katelan, Mahasiswa UNDIP bersama dengan Ibu-ibu PKK membentuk kelompok tani “Srikandi Pertanian” yang berfokus untuk menciptakan ketahanan pangan di desa Katelan. Pengenalan dan pembentukan kelompok tani ini didasarkan pada kebijakan pemerintah dan perkembangan kelompok tani di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan Srikandi Pertanian bersama mahasiswa KKN Tim II UNDIP adalah penanaman tanaman obat dan tanaman pangan. 

Namun sebelum dilakukan kegiatan penanaman, salah satu mahasiswa KKN yaitu Mufidah Hasna melakukan sosialisasi edukasi kepada ibu-ibu PKK melalui poster sadar sejarah agraria yang berisi edukasi mengenai sejarah kelompok tani dan kebijakan penanaman tanaman obat sesuai UU yang ada. Kegiatan ini juga sesuai dengan SDG 5 mengenai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, dimana tokoh utama dalam kegaiatan ini adalah ibu-ibu PKK yang akan menjadi pilar ketahanan pangan di Katelan. Sosialisasi yang dilakukan disambut antusias oleh ibu-ibu PKK yang terlihat dari beberapa pertanyaan yang muncul dan diajukan kepada pembicara.

Setelah kegiatan sosialisasi dilakukan kegiatan berlanjut dengan penanaman tanaman obat dan pangan dilahan belakang balai desa Katelan. Sehingga edukasi yang diberikan bisa langsung di implementasikan langsung. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya tercipta ketahanan pangan yang baik di desa Katelan dengan pemberdayaan ibu-ibu PKK sebagai kelompok tani dan melalui poster sadar sejarah agrarian bisa menjadi strategi branding untuk Srikandi Pertanian desa Katelan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline