Lihat ke Halaman Asli

Nadilla Aafiyah

Universitas Airlangga

Rating Televisi dan Kepopuleran Artis Korea Selatan

Diperbarui: 4 Juli 2022   17:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Televisi, masih menjadi barang elektronik yang ingin dimiliki setiap orang ketika mereka membeli rumah baru. Tidak hanya itu, setiap keluarga dalam satu rumah terkadang memiliki lebih dari satu televisi sebagai pemanis ruangan. Banyaknya stasiun TV yang ada sekarang membuat mereka saling bersaing untuk menampilkan program yang berkualitas dan menarik perhatian banyak masyarakat. 

Dilansir dari Kompasiana.com, Industri TV sampai saat ini masih menjadikan rating sebagai patokan untuk melanjutkan suatu kontrak acara atau iklan akan terus berlanjut atau tidak. Tak hanya acara tersebut, namun rating TV juga dapat menentukan apakah pembawa acara perlu tetap dipertahankan atau harus diganti, format acara yang harus direvisi, jam tayang acara tersebut dan lain halnya. Hal-hal tersebut dipengaruhi dari rating TV yang bisa didapatkan dari penonton stasiun/program TV tersebut. Dengan demikian, rating dapat dikatakan sebagai rata-rata dari penonton suatu acara yang dinyatakan dalam persentase dari sejumlah kelompok sampel. 

Dari waktu ke waktu penonton akan terus memberikan dampak terhadap rating TV dari suatu program acara. Semakin banyak penonton maka persentase rating acara tersebut akan bertambah tinggi, yang berarti acara tersebut telah menarik minat dari banyak masyarakat untuk menonton acara yang mereka telah siapkan.

Namun, di era perkembangan zaman saat ini cukup banyak remaja yang sudah mulai jarang menonton televisi, mereka lebih cenderung tertarik untuk menonton drama, film, dan mendengarkan musik melalui laptop atau gadget yang mereka miliki karena terkesan lebih simple dan dapat digunakan di mana saja. Musik sendiri menjadi hal yang akan selalu dinantikan banyak orang setiap waktunya. Perkembangan musik yang akan terus melahirkan musik-musik berkualitas menjadikan masyarakat akan terus mendengarkan musik. Ketika sedih, senang, marah, bahkan mengerjakan tugas orang-orang dapat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut sembari mendengarkan musik.

Musik yang datang dari berbagai negara di belahan dunia ini memiliki genre serta karakternya masing-masing. Berbagai macam genre musik yang ada, seperti jazz, pop, hip hop, klasik, R&B, country, reggae, rock, dan masih banyak lagi. Masyarakat bebas memilih genre musik seperti apa yang mereka ingin dengarkan. K-pop menjadi salah satu musik yang perkembangannya sekarang meluas ke berbagai negara, begitu pula dengan penggemar musik tersebut yang semakin banyak. Saat ini, di Indonesia, musik yang berasal dari negara ginseng tersebut sangat digemari banyak anak muda penerus bangsa, K-pop sudah menjadi hal yang umum jika banyak anak muda yang menyukainya hingga mengikuti berbagai trend yang dilakukan oleh boyband/girlband favoritenya, mulai dari nyanyian, tarian, pakaian, tips diet, hingga gaya rambut menjadi trend di kalangan remaja hingga orang dewasa. Hal tersebut memengaruhi popularitas para idol k-pop dan keseharian yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Berkaitan dengan rating TV yang ada dan kepopuleran musik korea selatan saat ini yang semakin meluas, maka semakin banyak pula fans dari k-pop atau yang biasa disebut fandom ini, kemunculan idol-idol tersebut akan memengaruhi minat para remaja terhadap program yang ditayangkan ke publik oleh televisi nasional. Sebagai contoh, produk iklan yang menggunakan artis korea sebagai model atau bahkan brand ambassadornya akan memberikan efek penjualan yang lebih tinggi karena para fans dari artis tersebut semakin tertarik untuk membeli produk yang diiklankan, begitu juga dengan televisi yang menayangkan penyanyi-penyanyi korea akan mendapatkan perhatian atau viewers yang lebih banyak. 

Memang masih banyak masyarakat atau bahkan remaja yang menyukai penyanyi Indonesia karena lagu ciptaan mereka yang berkualitas, namun jika dilihat dari perkembangan zaman sekarang, popularitas idol k-pop semakin berkembang pesat. Bisa dilihat pada acara-acara musik atau awarding yang diselenggarakan oleh beberapa stasiun TV belakangan ini, mereka mengundang setidaknya satu boygrup/girlgrup sebagai bintang tamu karena akan mempertinggi rating acara tersebut dengan menarik minat dari penggemar artis.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa para artis, entah itu aktor/aktris, boygrup/girlgrup memiliki pengaruh yang cukup tinggi di kalangan remaja saat ini. Mereka dapat memberikan penampilan atau performance yang menarik di suatu acara TV hingga menarik perhatian masyarakat yang membuat rating dari acara TV meningkat drastis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline