Lihat ke Halaman Asli

nadien caca

Mahasiswa

Apa Saja Sih Komponen-komponen dari Modal?

Diperbarui: 27 September 2024   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Modal adalah sejumlah dana yang digunakan sebagai pokok dalam membangun usaha atau proyek. Modal dapat berupa uang atau barang, contohnya seperti: 

Uang tunai, kredit, gedung, kendaraan, saham, dll.

Komponen-komponen dari modal, antara lain;

1. Modal Setor

Modal setor adalah jumlah uang yang diterima perusahaan dari pemegang saham sebagai ganti saham. Modal setor dibuat ketika perusahaan menjual sahamnya di pasar perdana langsung kepada investor, biasanya melalui penawaran umum perdana (IPO). Pasar primer adalah satu-satunya tempat di mana modal disetor diterima, biasanya melalui penawaran umum perdana. Pendanaan untuk modal disetor diperoleh dari dua sumber: nilai nominal saham dan kelebihan modal. Modal disetor adalah jumlah yang dibayarkan oleh investor di atas nilai nominal suatu saham. Pembiayaan ekuitas diwakili oleh modal disetor.

2. Agio Saham

Agio saham adalah perolehan kekayaan bersih suatu perusahaan dari nominal penjualan saham. Dengan kata lain, agio saham adalah modal yang dikontribusikan melebihi nilai nominal seharusnya. Biasanya, agio saham terjadi ketika investor membeli saham yang baru diterbitkan langsung dari perusahaan selama IPO (Initial Public Offering) atau tahap penawaran umum saham perdana.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2010, agio saham tidak termasuk dalam objek pajak. Karena hal inilah keuntungan yang didapat tidak akan dikenakan biaya pajak. Meskipun begitu, nilai agio tidak begitu populer di lantai bursa saham. Sebab, nilai agio masih berkaitan dengan kesepakatan antar pendiri perusahaan.

3. Laba ditahan 

Laba ditahan adalah sebuah keuntungan historis yang didapatkan dan dikurangi dividen sebelumnya. Jika keuntungan ini tidak dihitung sendiri, maka akan dibagi ke dalam berbagai sektor yang berhak menerima dana, seperti pemegang saham dan investor. Selain itu, laporan laba ditahan biasa diterapkan sesuai dengan kesepakatan antara pemilik perusahaan dan pemilik saham atau modal.

Laba ditahan juga memiliki fungsi sebagai: sumber dana cadangan, modal pengembangan bisnis dan usaha, membantu pembayaran hutang, modal investasi lanjutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline