Lihat ke Halaman Asli

Dendeng Batokok Cita Rasa Asli Minang, Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13776778202052095222

Jika kalian berencana berkunjung ke provinsi Sumatera Barat, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba makanan khas yang satu ini. Kuliner asli Minang yang berbahan dasar daging sapi berbalut sambal lado merah atau hijau, membuat siapa saja yang mencium aromanya pasti tergoda akan kenikmatan rasanya. Kalau biasanya cara pembuatan dendeng diolah dengan cara digoreng tipis-tipis sehingga dagingnya garing, lain halnya dengan dendeng batokok ini. Proses pembuatannya cukup unik, yaitu daging sapi yang telah siap direbus dahulu. Setelah direbus sampai sekiranya daging telah empuk, lalu angkat dan diamkan beberapa menit.

Kemudian, daging sapi tersebut diiris menyerupai lembaran agak tebal. Nah di sinilah letak keunikannya, yaitu irisan daging sapi tadi ditumbuk menggunakan batu gilingan, atau istilah lainnya batu cobek hingga berbentuk pipih. Selanjutnya daging sapi tersebut diolah bersama bumbu-bumbu racikan khas Minang yang menggoyang lidah dipadukan dengan sambal lado merah. Wuiiiihhh, mantapnyo!!

Kurang lebih pembuatan dendeng batokok dapat menghabiskan waktu dua jam sampai dengan penyajiannya. Nah, agar lebih nikmat lagi bisa juga menambahkan sajian menu ini dengan potongan kecil jengkol tua, agar menambah kuat aroma dan cita rasa menu Dendeng Batokok khas Minang. Dan, inilah sajian Dendeng Batokok tersebut.

13776779052022023242

Sekian cerita mengenai resep makanan asli daerah kelahiran yaitu Padang, Sumatera Barat. Rakyat Indonesia cinta akan warisan kuliner daerahnya masing-masing. Untuk itu, ayo generasi muda tunjukkan kontribusi positif dan progresif dalam gerakan memperkenalkan kuliner Indonesia ke kancah Internasional bersama Indonesia Travel dan Kemenparekraf Republik Indonesia (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Inilah warisan kuliner khas daerah ku, mana warisan kuliner daerah mu?

_____________

Rujukan gambar :

http://3.bp.blogspot.com/-yIcdWI8qE_w/UczAyyJs5XI/AAAAAAAAdzU/qpgoWClCXaA/s640/IMG_9280.jpg

http://resepmasax.files.wordpress.com/2008/10/dendengbatokok.jpg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline