Selain perusahaan besar ,UMKM merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia , karena ada puluhan juta orang yang bergerak dibidang UMKM , selain itu sektor UMKM juga merupakan penyumbang sekitar 60% pertumbuhan ekonomi bangsa dan juga sebgaian besar merupakan eksportir , namun sangat disayangkan banyak dari mereka tidak dapat mengelola usahanya dengan baik sehingga tidak terjadi perkembangan yang berarti , masalah utama nya ialah tidak paham teknologi , sulit membangun brand, desain yang mengikuti pasar, membuat kemasan agar menarik pembeli dan persoalan lain yang menyangkut modal, akses ke pasar seperti yang disebutkan oleh presiden Jokowi saat menghadiri acara ulang tahun salah satu MarketPlace di JCC, Jakarta, Kamis (10/1/2019)
saat ini seiring dengan berkembangnya zaman begitu banyak marketplace yang hadir namun M-Biz berhasil menawarkan platform jual beli https://www.mbizmarket.co.id yang tetap menjunjung tinggi kualitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas tinggi bagi perusahaan dan UMKM yang memanfaatkannya, baik sebagai pembeli maupun penjual. Melalui Mbizmarket, yang merupakan gabungan antara B2B ecommerce dan e-procurement, perusahaan dan vendor penyedia barang dan jasa dapat dengan mudah bertransaksi melalui pemanfaatan platform digital yang disediakan secara gratis, .
terkait masalah tersebut M-bizMarket hadir dengan menawarkan kemudahan dengan B2B market atau (business to business) untuk belanja perusahaan dengan fitur e-procurement dan penunjang lainnya seperti Budget Control, Spending Report & Analytics, Order & Fulfilment tracking, serta digital approval.
apa sih e-procurement? seperti yang dikutip dari website sekretariat jenderal keuangan
e-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).
Latar Belakang e-Procurement
- Tuntutan masyarakat dalam memperoleh informasi seluas-luasnya mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah;
- Penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).
Tujuan e-Procurement
Untuk menciptakan transparansi, efisiensi dan efektivitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa melalui media elektronik antara panitia dan penyedia jasa
Manfaat e-Procurement
- Mengurangi kontak fisik yang dapat menimbulkan risiko KKN baik antar Penyedia, maupun antar Penyedia dan PPK/Panitia;
- Membuat proses interaksi antara pengguna dan penyedia jasa, serta masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat;
- Menghemat biaya operasional pengadaan baik dari sisi panitia maupun penyedia;
- Meningkatkan kontrol terhadap berbagai penyimpangan
nah semua kemudahan proses e-procurement sendiri sudah disediakan oleh M-Biz selaku pemilik Platform marketplace keren yang memudahkan umkm dalam mengelola bisnis di era digital saat ini. yuk mulai beralik ke era digital bersama M-Bizmarket !!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H