Lihat ke Halaman Asli

Climate Change: Dimana Peran Kita?

Diperbarui: 31 Desember 2023   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari ini panas sekali? Kok tiba-tiba hujan? Suara-suara percakapan yang sudah tidak asing di dengar di telinga kita. Sebenarnya ada apa dan kenapa bisa terjadi? 

Climate change telah menjadi isu mendesak yang memerlukan perhatian global. Climate change atau perubahan iklim merupakan kondisi perubahan jangka panjang dalam hal cuaca bumi (suhu rata-rata global  dan cuaca ekstrem, distribusi curah hujan tidak tentu) yang berdampak pada lingkungan dan kehidupan manusia, biasanya disebabkan karena adanya efek rumah kaca dari aktivitas yang dilakukan manusia. Climate change bukan hal baru lagi dalam kehidupan manusia, bahkan tanpa disadari sudah berdampingan dengan kehidupan manusia. Aktivitas manusia adalah penyumbang terbesar terjadinya climate change ini. Penggunaan energi fosil, pembalakan liar, deforestasi dan degradasi lahan, reklamasi, dan lainnya adalah beberapa aktivitas pemicu climate change.

Dampak dari climate change tidak bisa disepelekan begitu saja. Peningkatan suhu global dan perubahan cuaca berdampak negatif berbagai sektor kehidupan seperti halnya pada lingkungan, pertanian, sumber daya air, dan kesehatan manusia, bahkan berdampak pada ekonomi. Kita tidak bisa hanya diam berpangku tangan melihat kerusakan yang telah terjadi. Perlunya langkah tegas dalam mengatasi climate change. Sebagai generasi muda yang melek akan teknologi dan informasi, sudah selayaknya menjadi contoh dan berperan besar dalam hal ini. Keberadaan teknologi dan informasi bukan hanya untuk kesenangan semata, namun dimanfaatkan untuk menebar kebaikan dan kebermanfaatan. Kita bisa memanfaatkannya sebagai sarana mengedukasi dan menyadarkan kepada khalayak umum agar mulai bertindak mengambil langkah dan peran dalam mengatasi kondisi saat ini. 

Climate change adalah tantangan global yang memerlukan kerja sama berbagai pihak. Dengan menggabungkan upaya kita, baik sebagai individu maupun sebagai komunitas global, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan melindungi bumi untuk generasi mendatang. Peran kita dalam menghadapi perubahan iklim bukan hanya tentang menciptakan masa depan yang berkelanjutan, tetapi juga tentang memberdayakan mereka sebagai agen perubahan saat ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline