Lihat ke Halaman Asli

Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Diperbarui: 10 Mei 2024   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

      Peran bimbingan konseling sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. karena adanya bimbingan konseling dapat menolong para peserta didik dalam mengatasi segala kesulitan yang mereka hadapi ketika belajar. Dalam bimbingan konseling para konselor juga dapat mengenali bakat para peserta didik, dan mampu memberikan dukungan emosional untuk meningkatkan semangat belajar para peserta didik. Dengan adanya pembimbingan konseling, peserta didik akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mencapai prestasi akademik yang lebih baik. 

        Pada bimbingan konseling, konselor harus membangun hubungan yang positif dengan peserta didik. Karena ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam membantu peserta didik sekolah dasar untuk mencapai potensi akademik mereka secara maksimal. Peran bimbingan konseling juga sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar mereka dikarena beberapa alasan, yaitu:

  • Identifikasi kebutuhan individu: Dengan mengidentifikasi  kebutuhan setiap individu, bimbingan konseling memungkinkan konselor untuk mengevaluasi kebutuhan belajar yang dimiliki dari setiap peserta didik secara individual. Hal ini membantu dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk setiap peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Dukungan emosional: Dalam lingkungan sekolah dasar, seringkali peserta didik membutuhkan dukungan emosional dalam menghadapi rasa takut, kecemasan, atau ketidakpercayaan diri yang mungkin mempengaruhi hasil belajar mereka. Konselor menyediakan lingkungan yang terjamin dimana peserta didik dapat mengungkapkan masalah mereka dengan nyaman dan merasa mendapat dukungan.
  • Pengembangan keterampilan belajar: Peningkatan keterampilan belajar, pembimbingan konseling membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan belajar yang efektif, seperti mengelola waktu, menetapkan tujuan, dan menerapkan strategi belajar yang sesuai. Ini membantu mereka menghadapi tuntutan akademik dengan rasa percaya diri yang lebih besar.
  • Kerjasama dengan guru dan orang tua: Dengan bekerja sama dengan guru dan orang tua, konselor berkolaborasi dengan orang tua dan guru guna menciptakan lingkungan belajar yang optimal baik di sekolah dasar maupun di rumah. Hal ini menjamin bahwa para peserta didik memperoleh bantuan yang konsisten di berbagai lingkungan.
  • Pencegah masalah-masalah lain: Untuk mencegah timbulnya masalah-masalah lain yang dapat memengaruhi kinerja belajar peserta didik, konselor dapat mengidentifikasi dan mencegah masalah-masalah tambahan melalui sesi konseling, seperti masalah perilaku atau konflik sosial. 
  • Mendorong pertumbuhan holistik: Mendorong pertumbuhan holistik, selain dari menekankan pencapaian akademik, bimbingan konseling juga mengutamakan pertumbuhan holistik peserta didik, meliputi dimensi sosial, emosional, dan kepribadian mereka yang dapat berpengaruh pada prestasi. 

       Oleh karena itu, pembimbing konseling memiliki peran yang penting dalam meningkatan prestasi belajar peserta didik. Dan juga Hubungan bimbingan konseling juga memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pencapaian dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar. Hubungan yang harmonis antara konselor dan peserta didik dapat membentuk lingkungan yang aman dan mendukung, yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dalam mengungkapkan kesulitan belajar atau permasalahan lain yang mereka hadapi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline