Lihat ke Halaman Asli

Nadia Safitri

Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

Pencegahan Aksi Bullying yang Berakhir Fatal Pada Anak

Diperbarui: 2 Mei 2024   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : cermin-dunia.github.io

Saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita dari kata bullying, dari banyaknya kasus yang sudah terjadi, seberapa banyak dari kita yang sering sekali berfikir tentang bagaimana kita bisa mencegah aksi bullying pada anak atau setidaknya memikirkan cara mengurangi aksi Tindakan itu?

Apakah dari kalian pernah berfikir dan terdapat pertanyaan yang selalu ada di fikiran kalian perihal setelah mendengar kata bullying dengan apa lagi yang harus diubah dari kehidupan kita sehari-hari untuk mencegah terjadinya Tindakan bullying? 

Berikut beberapa cara untuk mencegah aksi bullying pada anak :

  • Edukasi Anak Mengenai Bullying 

Memberikan pengetahuan akan bahaya dari aksi bullying merupakan salah satu pencegahan yang sangat ampuh bagi anak, menjelaskan bagaimana bahaya, dampak yang akan terjadi dari aksi bullying. 

Menjelaskan bahwa tindakan bullying sangat  salah serta bisa menimbulkan dampak buruk bagi jati diri seseorang yang bisa berakibat fatal hingga merengut nyawa.

  • Menjalin Komunikasi yang Baik pada Anak  

Dengan memiliki komunikasi yang baik antara orang tua dan anak juga dapat mencegah aksi bullying, karna salah satu hal yang membuat anak diam Ketika menjadi korban bullying dikarnakan mereka merasa takut dan enggan untuk berkomunikasi dengan orang tuanya.

Beda dengan Ketika anak menjadi korban bullying yang memiliki komunikasi yang baik pada orang tuanya dia tidak akan enggan untuk langsung menceritakan apa yang dialaminya, lalu segera mabi Tindakan untuk berbicara dengan pihak sekolah atau lingkungan sekitar.

  • Membangun Karakter Anak Sejak Dini

Korban bullying rata-rata yang terlihat adalah seorang yang pendiam, sulit bergaul dengan orang lain, sangat tertutup akan semua hal.

Sejak kecil, mulailah anda mengajak untuk bersosialisasi kepada lingkungan sekitar, membebaskan mereka berinteraksi kepada orang lain, ajak jalan-jalan disertakan edukasi yang baik untuk mereka.

  • Tanamkan Jiwa Keberanian Pada Anak

Ajari sang anak untuk memiliki jiwa keberanian, garis besar yang di maksud berani dalam memberikan pendapat ketika mereka tidak bersalah atau melanggar aturan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline