Lihat ke Halaman Asli

Nadia Mufida

mahasiswa jurusan ekonomi islam

Dorong UMKM Kelurahan Joglo Menjadi UMKM Berbasis Digital

Diperbarui: 13 Agustus 2022   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Jakarta (06/07/2022) -  Pandemi COVID-19 banyak membawa banyak perubahan dalam kehidupan, salah satunya contohnya adalah bagaimana cara kita bertransaksi. 

Pola bertransaksi masyarakat kini lebih banyak berubah menjadi cashless atau dengan non-tunai, kebiasaan ini terbentuk selama pandemi berlangsung, dimana pembayaran secara tunai dianggap meningkatkan penyebaran COVID-19 sehingga lebih dianjurkan penggunaan non-tunai.

Selain pola pembayaran yang berubah, pola kebiasaan berbelanja masyarakat pun turut berubah akibat pandemi COVID-19 ini. Banyak masyarakat lebih merasa nyaman dengan berbelanja secara online, selain harga barang toko online cenderung lebih murah, barangnya pun diantar langsung kerumah pembeli tanpa harus keluar rumah. Pembelian melalui toko online menjadi pilihan nyata bagi para pembeli.

Sebagai pelaku usaha melihat perubahan-perubahan tersebut, perlu semestinya berusaha beradaptasi dengan cara mengikuti arus selera masyarakat, dimana saat ini teknologi banyak bermain dengan pola kehidupan masyarakat. Seperti pengadaan pembayaran secara cashless ataupun membuka toko online di berbagai platform yang disenangi masyarakat.

Maka dari itu Mahasiswi KKN undip mengadakan edukasi UMKM di kelurahan Joglo untuk mengajak pelaku usaha mentransformasikan bisnis mereka menjadi bisnis yang berbasis digital. Tak hanya dengan pembukaan toko online diberbagai platform saja  namun juga menggunakan alat pembayaran non-tunai ataupun pemanfaatan teknologi lain untuk memudahkan pekerjaan di tokonya.

Edukasi ini berlangsung secara daring maupun perorangan kepada UMKM di wilayah RW 006 Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Kota Administrasi Jakarta Barat. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan edukasi ini, para UMKM yang ada di Kelurahan Joglo dapat memberikan wawasan baru serta mendorong para UMKM kelurahan Joglo untuk mentransformasikan bisnis mereka secara online.

Penulis : Nadia Mufida Syamsuddin

Tim 2 KKN undip 2022 Kelurahan Joglo Kecamatan Kembangan Kota Jakarta Barat

Dosen Pembimbing : Ibu Nenik Woyanti, S.E., M.Si.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline