Lihat ke Halaman Asli

Suksesnya Layanan Konseling Individual

Diperbarui: 14 Maret 2024   02:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konseling individual merupakan proses layanan konseling yang dilakukan secara tatap muka oleh seorang konselor dan seorang klien yang mengalami masalah yang sulit diatasinya. Dengan adanya layanan konseling oleh seorang yang profesional dapat membantu klien untuk memecahkan kesulitannya dalam mengatasi masalah.

Adanya konseling individual bertujuan untuk membantu klien menstukturkan kembali masalahnya dan mengurangi penilaian negatif terhadap dirinya sendiri atau perasaan inferioritasnya. Adapun faktor yang mendukung suksesnya proses layanan konseling yaitu dengan adanya etika layanan konseling individual.

Etika Layanan Konseling Individual

1.Asas kerahasiaan

Rahasia pribadi klien yang diungkapkan menjadi tanggung jawab penuh konselor untuk melindunginya atau menjaganya. Adanya perlindungan tersebut menimbulkan keyakinan pada klien yang menjadikan jaminan suksesnya pelayanan.

2.Kesukarelaan dan keterbukaan

Kesukarelaan penuh klien untuk menjalani proses layanan konseling individual bersama konselor menjadi faktor pendukung untuk kelancaran proses layanan konseling. Karena dengan begitu klien dapat mengungkapkan segala hal terkait secara sukarela tanpa paksaan.

3.Keputusan diambil klien

Inilah asa yang secara langsung menunjang kemandirian klien. Stimulus yang diberikan konselor membuat klien berfikir, menganalisa, menilai, dan menyimpulkan sendiri apa yang ada pada dirinya sendiri dan lingkungannya. Pada akhirnya klien mampu mengambil keputusan sendiri dan menanggung resiko yang mungkin ada akibat dari keputusannya tersebut.

Dengan memenuhi kriteria tersebut dapat membantu proses layanan konseling individual dalam mencapai tujuannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline