Kita sudah memasuki era digital dimana segala sesuatunya dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet yang terhubung dengan perangkat kita. Teknologi digital bermanfaat tidak hanya sebagai media perolehan informasi dan komunikasi jarak jauh, namun juga bagi perekonomian digital. Teknologi digital dapat menjadi sumber keuntungan besar bagi perekonomian di era digital.
Ekonomi digital mendukung aktivitas perekonomian yang ada, ekonomi digital diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Dengan teknologi ini kita bisa membawa produk lokal Indonesia ke pasar global, ekonomi digital diperkirakan akan meningkatkan persaingan produk dan jasa dari tingkat mikro hingga makro.
E-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan secara online melalui internet.Penjualan online menawarkan manfaat baru, seperti menghilangkan kebutuhan akan kontak tatap muka untuk menyelesaikan transaksi penjualan.
Contoh platform e-commerce di Indonesia antara lain Shopee, Lazada, Tokopedia, dll. Dalam beberapa tahun terakhir, perdagangan online telah berkembang pesat dan memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia.
Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya pengguna e-commerce. Hal ini berdampak pada aktivitas belanja online masyarakat.
Platform e-commerce dan transaksi digital semakin mempengaruhi pikiran masyarakat karena kepraktisan, kenyamanan dan efisiensinya, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan media sosial, dan sebagian besar dari mereka tidak memiliki pengetahuan digital yang memadai untuk Baik bagi penjual maupun pembeli, misalnya bagi produsen yang berkompeten yang mempunyai kesempatan untuk mempelajari harga pokok barang yang ditawarkan di pasar dunia dan keuntungan pembeli menemukan harga yang lebih rendah melalui perbandingan harga di e-commerce.
Melalui Toko Niaga dan Media Sosial kemampuan membayar dengan sistem cashless atau non tunai dan metode pembayaran cash on delivery (COD) menjadi keunggulan lain yang dirasakan konsumen dalam e-commerce.World Wide Web Penyediaan layanan melalui jaringan informasi di Internet.
Dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat, pemanfaatan teknologi juga dapat membantu memaksimalkan nilai tambah perekonomian, menciptakan sinergi di seluruh aspek suatu negara, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dampak positif media sosial terlihat pada pertumbuhan pasar online, e-commerce, start-up dan bisnis lainnya.
E-commerce menghadirkan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan usahanya.