Lihat ke Halaman Asli

Nadia Fatikasari

Universitas Negeri Malang

Bermain Sambil Belajar Menggunakan Fitur Edugame Rumah Belajar

Diperbarui: 21 Juni 2022   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampilan Fitur Edugame Rumah Belajar (Dokpri)

Rumah belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kemendikbud yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru, portal ini dapat diakses semua kalangan sehingga memudahkan kegiatan pembelajaran. Dalam portal ini terdapat beberapa fitur utama dan fitur pendukung yang dapat digunakan guru maupun siswa.

Salah satu fitur pendukung yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar sambil bermain adalah fitur Edugame. Fitur ini berisi beberapa gim interaktif yang dapat dimainkan oleh siswa, serta dirancang sesuai konsep dasar materi yang telah disajikan sehingga akan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan dan membuat kegiatan pembelajaran lebih interaktif dengan bantuan teknologi.

Dokpri

Mahasiswa Kampus Mengajar dari Universitas Negeri Malang yang bertugas di SD Negeri Senden 2 Kayen Kidul mengajak siswa kelas 3 dan 4 untuk menggunakan salah satu fitur dari portal Rumah Belajar yaitu Edugame. Melalui laptop yang disediakan, para siswa secara berkelompok dan bergantian mencoba beberapa game di portal tersebut.

Game yang tersedia membantu siswa dalam meningkatkan pengetahuan mereka. Ada beberapa pertanyaan yang harus mereka kerjakan untuk meningkatkan level dalam game yang dimainkannya. Pertanyaan yang tersedia disesuaikan dengan konsep dasar materi seperti pada buku Tema mereka. Game ini dapat digunakan sebagai sarana mengenalkan kemajuan teknologi dalam pendidikan kepada siswa.

Dokpri

Ada beberapa permainan yang dicoba oleh siswa diantaranya Mamat Adventure, Nyanyuk Adventure, Menghitung Waktu, Menyusun Angka, dan Benda Bangun Dasar. 

Para siswa menjawab pertanyaan yang tersedia dengan mengingat materi yang sudah mereka pelajari sebelumnya seperti pada game Mamat Adventure, kelas 3 mengingat materi tentang Kepramukaan yang sudah mereka pelajari pada Tema 8.

Seluruh siswa sangat antusias dan semangat menyelesaikan misi-misi atau pertanyaan pada game yang dimainkannya. Selain itu, dengan dibentuk dalam kelompok, para siswa saling bekerja sama dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang tersedia. 

Sehingga game ini tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik saja, tetapi dapat meningkatkan kerjasama antar teman satu kelompoknya.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline