Lihat ke Halaman Asli

Nadia Fadhilatur Rohma

Health and Safety Intern

Sosialisasi Project Based Learning di TK Intan Sunter Agung: Mengenalkan K3 dan Keselamatan di Jalan kepada Anak Usia Dini

Diperbarui: 7 Juni 2024   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Jakarta Utara, 28 Mei 2024 - Dalam upaya menciptakan generasi muda yang sadar akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), berbagai inisiatif sosialisasi K3 semakin digalakkan. Akan tetapi, sosialisasi K3 ini masih belum banyak menjangkau pada anak usia dini. Maka dari itu, Dalam rangka pengenalan K3 untuk mengurangi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan dalam kegiatan setiap hari, Mahasiswa Politeknik Ketenagakerjaan Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tim 4 Angkatan 2020 pada hari Selasa, 28/05/2024 mengadakan sosialisasi Project Based Learning (PBL) dengan tema "Pandai (Program Anak Usia Dini Mengenal K3 dan Aman di Jalan)." kepada anak-anak TK Intan Sunter Agung yang berlokasi di Jl. Ancol Selatan No.2, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak usia dini.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.00 ini diikuti oleh 12 anak didampingi oleh 2 guru. Dalam sosialisasi ini, anak-anak diajak untuk mengenal berbagai rambu-rambu lalu lintas serta memahami fungsi dan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan mereka.

Acara dimulai dengan Perkenalan singkat yang disampaikan oleh guru terkait pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja. Setelah itu, tim instruktur memberikan pengantar singkat mengenai konsep Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta keselamatan di jalan.

Pada sesi utama, anak-anak diperkenalkan dengan berbagai jenis rambu-rambu lalu lintas seperti rambu berhenti, hati-hati, dilarang parkir, dan penyeberangan. Dengan menggunakan Poster dan alat peraga berbentuk rambu-rambu, anak-anak dapat dengan mudah memahami fungsi masing-masing rambu.

Kegiatan dilanjutkan dengan permainan edukatif di mana anak-anak bermain peran sebagai pengendara dan pejalan kaki. Mereka belajar cara mematuhi rambu-rambu lalu lintas melalui simulasi yang menyenangkan. Keceriaan dan antusiasme terlihat jelas saat anak-anak berpartisipasi dalam game interaktif menggunakan gambar rambu-rambu. Sebagai Hasil penilaian pemahaman anak Tim 4 juga menyiapkan Quiz berhadiah untuk anak yang berhasil menjawab kuis terkait rambu-rambu keselamatan lalu lintas beserta fungsinya.

Sumber: Dokumentasi penulis

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pihak sekolah oleh tim instruktur. Foto bersama di akhir acara menjadi kenang-kenangan manis bagi anak-anak, guru pendamping dan tentunya Mahasiswa Politeknik Ketenagakerjaan sendiri.

Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai rambu-rambu lalu lintas, tetapi juga menanamkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan sejak dini. Kepala Sekolah TK Intan Sunter Agung berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk mendukung pendidikan keselamatan bagi anak-anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline