Lihat ke Halaman Asli

Pentingkah Memilih SMA dengan Peringkat Tinggi di LTMPT?

Diperbarui: 27 Mei 2024   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram @officialppdbdki

Sebentar lagi, PPDB SMA di DKI Jakarta akan dibuka. Sekolah-sekolah menengah atas di Jakarta akan membuka pendaftaran lewat situs PPDB. Hal tersebut sudah disiarkan melalui official instagram milik PPDB DKI Jakarta  sekitar hari Senin tanggal 27 Mei pukul 07.30 WIB. 

Dalam postingan tersebut sudah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran, macam-macam jalur masuk, hingga timeline atau jadwal alur waktu telah ditentukan hingga tahap kedua. Anda dapat mengunjungi link berikut untuk langsung melihat informasinya, instagram.com/jakdisdiktv

Menurut timeline, setelah melakukan pendaftaran dan verifikasi lainnya, pemilihan sekolah pun akan dilakukan. Lantas apakah pemilihan SMA akan berpengaruh ke kehidupan anak nantinya? 

Tentunya akan ada pengaruh kedepannya, apalagi jika anda ingin anak anda masuk ke universitas bergengsi seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan masih banyak lagi. 

Anda harus memikirkan sekolah yang dapat membantu anak anda untuk mendapatkan universitas tersebut. Karena salah satu jalur masuk ke universitas adalah lewat jalur undangan atau sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id

Anda dapat menemukan informasi mengenai peringkat sekolah yang dituju di link: top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id

Namun, seberapa pentingnya memilih SMA bagus? Menurut data pada tahun 2023 dibawah ini, peringkat sekolah memang berpeengaruh untuk anak anda masuk ke universitas negeri bergengsi. Peringkat pertama diduduki oleh SMAN 47 Jakarta dimana meraih peringkat ke-36 dalam peringkat LTMPT. 

id.scribd.com

Sekolah berikutnya SMAN 61 Jakarta meraih peringkat ke-23 dari seribu peringkat SMA tertinggi se-Indonesia. Hal tersebut sudah cukup menjadi sekolah prestasi. Disusul oleh SMAN 71 Jakarta yang mendapat peringkat ke-45 dari seribu SMA se-Indonesia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline