Lihat ke Halaman Asli

Nadia Aisha

Mahasiswa

Kegagalan Pasar: Apa Saja Perusahaan "Monopoli Alamiah" di Indonesia?

Diperbarui: 21 Maret 2024   02:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Apa yang dimaksud dengan kegagalan pasar? Kegagalan pasar merupakan keadaan dimana sistem pasar tidak terlaksana dengan baik, sehingga menimbulkan ketidakefisienan di pasar. Kegagalan pasar juga bisa diartikan sebagai suatu kondisi dimana terjadi ketimpangan antara jumlah barang yang di produksi oleh produsen dan jumlah permintaan dari konsumen. Sehingga pasar gagal memenuhi kebutuhan pasar itu sendiri dan gagal memenuhi kebutuhan sosial.

     Kegagalan pasar dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti definisinya, terjadinya kegagalan pasar disebabkan oleh hal-hal yang dapat menimbulkan ketidakefisienan di dalam pasar. Beberapa faktor yang dapat menimbulkan ketidakefisienan tersebut adalah eksternalitas, kegagalan informasi, barang publik dan adanya monopoli alamiah. Pada artikel ini, penulis akan berfokus pada kegagalan pasar yang disebabkan oleh monopoli alamiah.

     Monopoli alamiah adalah kondisi yang muncul ketika suatu perusahaan memiliki kekuatan yang besar atas harga suatu barang. Perusahaan monopoli alamiah akan menjadi satu-satunya perushaan yang menguasai sebuah produk tertentu dan dalam batas geografis tertentu juga. Dengan demikian, perusahaan monopoli alamiah memegang kendali penuh atas harga yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Berikut merupakan contoh perusahaan-perusahaan monopoli alamiah yang ada di Indonesia:

Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Perusahaan Listrik Negara atau PLN merupakan salah satu perusahaan monopoli alamiah yang ada di Indonesia. PLN menjadi satu-satunya pemasok tenaga listrik di Indonesia. Maka dari itu, PLN memegang penuh kendali atas biaya listrik diseluruh Indonesia.

PT. Kereta Api Indonesia (KAI)

PT. Kereta Api Indonesia atau KAI juga menjadi perusahaan monopoli alamiah di Indonesia. Jika PLN menguasai Listrik Indonesia, maka KAI menguasai layanan transportasi kereta api di Indonesia. KAI memegang penuh kendali atas biaya transportasi kereta api di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline