Lihat ke Halaman Asli

Penyimpangan Sosial di Sekitar Kita

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penyimpangan Sosial di Sekitar Kita

Apa itu penyimpangan sosial?

Apa saja contohnya?

Yaa, begitu banyak penyimpangan sosial yang terjadi dalam masyarakat yang pasti sering kita jumpai di sekeliling lingkungan kita. Tapi tak banyak orang yang mau peduli tentang itu. Penyimpangan sosial atau perilaku menyimpangan, sadar atau tidak sadar pernah kita alami atau kita lakukan. Penyimpangan sosial dapat terjadi dimanapun dan dilakukan oleh siapapun. Sejauh mana penyimpangan itu terjadi, besar atau kecil, dalam skala luas atau sempit tentu Kn berakibat terganggunya keseimbangan kehidupan dalam masyarakat. Suatu perilaku dianggap menyimpang apabila idak sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Apakah penyimpangan sosial itu?

Penyimpangan sosial adalah bentuk perilaku yang dilakukan oleh seseorang yang tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Begitu banyak kejadian penyimpangan sosial disekitar kita yang disebabkan factor-faktor tertentu  salah satunya yaitu penyimpangan individual merupakan penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang yang berupa pelanggaran terhadap norma-norma suatu kebudayaan yang telah mapan. Penyimpangan ini disebabkan oleh kelainan jiwa seseorang atau karena perilaku yang jahat atau tidak kriminalitas. Penyimpangan yang dilakukan seorang individu dengan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Orang seperti itu biasanya mempunyai penyakit mental sehingga tidak dapat mengendalikan dirinya. Contonya seperti pembandel yaitu seorang anak yang tidak patuh akan nasehat orang tua atau bahkan tidak kurang mendapat kasih sayang dan perhatian dari orang tua mereka, anak tersebut kadang melampiaskannya dengan melakukan hal-hal yang negative seperti halnya melakukan tindak kriminalitas, mengonsumsi narkoba atau melakukan kejahatan, anak yang melakukan hal tersebut sebenarnya kadang hanya ingin orang tua mereka memperhatikannya tapi cara yang dipilih salah. Dan ketika orang tua baru menyadari tapi anak mereka sudah tidak ada, kebanyakan hal tersebut terjadi pada anak yang ditinggal orang tuanya sibuk hanya untuk bekerja sampai tidak memperhatikan anaknya.

Sudah sering kejadian seperti itu kita jumpai. Maka, kita sebagai penerus bangsa harus bisa selalu berfikir positive dan mengambil tindakan yang baik atau tidak menyimpang dan kita juga harus membantu anak seperti contoh diatas untuk bangkit dari keterpurukan dan memulai hidup yang baru dengan meninggalkan dunia kelamnya meskipun mereka tidak mendapat kasih saying dari orang tuanya tapi setidaknya mendapat kasih sayang dan rasa empati dari seorang disekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline