Lihat ke Halaman Asli

Tips-tips Sukses UAN atau tes-tes lainnya.

Diperbarui: 26 Juni 2015   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

 

Post ini diharapkan bisa bermanfaat bagi teman-teman SMP, atau adik kelas di SD, atau juga kakak-kakak di SMA. Kita semua akan menghadapi UAN, Sebenarnya, saya agak tidak setuju dengan sistem UAN. Dengan sistem ini, pelajaran yang murid pelajari selama 3 tahun, jadi percuma dan kerja keras mereka selama 3 tahun itu pun hanya dinilai dari sebuah tes yang berjalan hanya 4 hari. Jika nilai mereka jelek, masuk SMA bagus pun menjadi impian belaka. Padahal bisa jadi sehari-harinya nilai mereka bagus. Mungkin karena sakit atau belum cukup bersiap diri saja akibatnya sangat fatal.Guru juga merasa dirugikan karena kesempatan untuk mengeksplor pelajaran lebih jauh tidak bisa dilaksanakan karena ada UAN sebagai batas pelajaran untuk dikejar.

Tapi,daripada membahas UAN yang pada akhirnya tidak akan dibatalkan juga walau saya sudah berbicara seperti tadi ^^;, lebih baik kita menyusun rencana untuk sukses ujian akhir ini.

a) Siapkan alat tulis yang lengkap. Karena jika kita tidak membawa satu alat tulis, bukan kita sendiri yang terganggu, tapi orang lain juga terganggu. Dan bawa kartunya agar bisa ikut tes dengan lancar.

b)Persiapkan pelajaran sebaik-baiknya. Berdoa dan berusaha. Berdoa tidak ada artinya tanpa berusaha. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, harus seimbang.

c) Percaya diri dengan jawaban kita.

d)Pasrah dan berikhtiar. Itu yang penting.

 

Tips-tips diatas bisa juga ditambahkan dengan pendapat sendiri-sendiri.Pokoknya good luck buat kalian semua yang akan ujian !!!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline