Literasi atau kemelekan merupakan istilah umum yang merujuk kepada serangkaian dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu. Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.
Pada umumnya, artikel ini membahas berbagai macam-macam cara mengatur keuangan sendiri. Masing-masing cara tersebut memilik manfaat tersendiri yang tidak semua orang tau.
Pengertian Manajemen
Manajemen atau pengelolaan adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Manajemen sangat diperlukan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Manajemen bisa membuat bisnis menjadi lebih berkembang karena dijalankan secara struktural dan prosedural.
Macam-macam Cara Mengatur Keuangan Pribadi
1. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Adakalanya berbelanja baju menjadi hal yang dibutuhkan dalam kondisi tertentu, misalnya Anda akan menghadiri pengajian tetapi tidak punya baju muslim atau baju yang pantas untuk menghadirinya. Maka pakai saja baju yang ada di lemari selagi layak dan
masih pantas di pake untuk pergi ke pengajian.
2. Susun Anggaran Keuangan
Pisahan pos kebutuhan dan keinginan, tetapkan jenis pengeluaran mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Termasuk bila
Anda harus berkumpul dengan teman sebulan sekali, Anda tetap perlu menuliskan berapa pengeluaran saat akan pergi bersama
teman.
3. Cari Penghasilan Tambahan
Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya Anda bisa mengambil pekerjaan paruh waktu atau freelance