Lihat ke Halaman Asli

Nadhifa Salsabila Kurnia

Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Kenali Gejala Batu Ginjal dengan Cek 8 Cirinya Ini!

Diperbarui: 7 Juni 2021   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi orang sakit ginjal | pexels/Karolina Grabowska

Penyakit batu ginjal, sering kali tidak terasa atau terabaikan keberadaannya, sebelum akhirnya benar-benar dilakukan pengecekan secara langsung. Seperti yang terjadi pada penyanyi yang juga istri dari Anang Hermansyah, yakni Ashanty.

Kabarnya, selain menderita penyakit Autoimun, Ibu sambung dari Anang dan Azriel Hermansyah ini juga mengidap batu ginjal. Penyakitnya ini baru diketahuinya selagi menjalani pengobatan autoimun yang dideritanya di Turki.

Menurut pernyataan Ashanty, yang diketahui dari video The Hermansyah A6 Senin, 7 Juni 2021, ukuran batu ginjalnya ini ternyata sudah cukup besar. Uniknya, Turki memiliki cara penanganan yang berbeda untuk pasien batu ginjal.

Tidak langsung di operasi, Ashanty disarankan untuk hanya rutin lebih banyak minum air mineral selama satu semester atau enam bulan. Barulah, setelah itu jika tidak ada perubahan yang berarti, maka dilakukan upaya penanganan medis lainnya.

Batu ginjal adalah endapan keras dari mineral yang terbentuk di dalam ginjal.  Adapun penyebab batu ginjal ini bisa karena banyak hal. Dilansir dari Mayo Clinic, di antaranya disebabkan oleh pola makan tinggi protein, gula, dan garam.

Tak hanya itu ternyata penyebab batu ginjal salah satunya juga bisa dari keturunan. Serta faktor lain seperti obesitas, kurang minum, hingga mengonsumsi vitamin atau suplemen dalam dosis tinggi secara berlebihan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Ginjal Anda Penting dan 8 Aturan Emas Merawat Ginjal

Akibat dari memiliki penyakit batu ginjal, bisa memengaruhi setiap bagian saluran kecing dari penderita. Untuk itu, tak jarang membuat penderitanya kesakitan saat buang air kecil. Kerusakanakibat dari batu ginjal ini masih bisa ditangani. Terutama, jika sudah diketahui sejak dini.

Berikut ini ada ciri-ciri gejala batu ginjal yang bisa diperhatikan, sebagaimana dilansir dari Healthline.

1. Sakit pinggang, punggung, serta perut

Gejala batu ginjal yang pertama ini adalah jenis nyeri yang derajar rasa sakitnya paling tinggi. Beberapa penderitanya, menyebutkan rasanya ini seperti saat sedang melahirkan hingga rasanya seperti ditusuk dengan pisau.

Kondisi nyeri yang semakin parah ini biasanya terjadi ketika batu ginjal sudah bergerak ke ureter. Saat kondisi ini terjadinya, sebab yang terjadi adanya penyumbatan dan menimbulkan tekanan di ginjal. Tekanan ini yang membuat saraf diaktifkan dan mengirim sinyal rasa sakit ke otak.

Nah, rasa sakitnya ini biasanya datang tiba-tiba. Dipicu ketika batu ginjal tersebut bergerak-gerak. Akan terasa semakin parah ketika ureter berkontraksi untuk mendorong batu keluar.

Titik rasa sakit dari gejala batu ginjal ini bisa terasa di pinggang, punggung, bawah tulang rusuk, serta menjalar ke perut hingga selangkangan. Namun, ternyata besar atau kecilnya batu ginjal tidak memiliki pengaruh. Maksudnya, meskipun batu ginjal tetap bisa terasa nyeri hebat.

2. Kencing terasa sakit atau panas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline