Lihat ke Halaman Asli

Nadhia A

Mahasiswa

Penyuluhan Bidang Boga Membuat Variasi Kue Kering dengan Selai Kurma di Flat Sarijadi Kota Bandung

Diperbarui: 3 Juni 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sarijadi, Kota Bandung: Mahasiswa UPI jurusan Pendidikan Tata Boga mengadakan penyuluhan mengenai pembuatan kue kering selai kurma atau disingkat dengan sebutan “Kurtar” pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 di Gedung Serbaguna PKK Flat Sarijadi Blok N, RT/06 RW/07 Kel. Sukajadi Kec. Sukasari Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pelatihan pembuatan Kurtar ini diikuti oleh ibu-ibu PKK Flat Sarijadi dengan tujuan untuk menambah wawasan dan kemampuan ibu-ibu PKK dalam membuat kue kering juga dapat membantu ibu-ibu PKK dari segi ekonomi karena letak wilayah tempat tinggal yang sangat strategis dan dekat dengan pasar.

Pelatihan ini dimulai pada pukul 15.30 WIB. Untuk pelatihan ini dimulai dengan penjelasan mengenai kurma, kue kering, jenis dan klasifikasi, Teknik pembuatan, faktor kesalahan juga cara pembuatan dari tahap awal hingga akhir dengan penggunaan media PPT dan penyelenggara sudah membagikan leaflet atau buku saku pada peserta berupa soft copy dan hard copy.

Dalam kegiatan ini ibu-ibu tidak hanya diajarkan untuk membuat kurtar saja, namun ibu-ibu juga diberi pengetahuan mengenai kualitas kurma yang baik, jenis dan macamnya, hingga diajarkan cara membuat selai kurma yang benar dan cara penyimpanan selai yang benar. 

Setelah penjelasan awal mengenai kurtar, mahasiswa UPI melaksanakan demo masak yang langsung disaksikan oleh ibu-ibu PKK dimulai dari kegiatan persiapan seperti penimbangan bahan, pembuatan selai kurma dan pembuatan kue kering sampai memasukkan kue kedalam oven. Sembari menunggu kue matang, mahasiswa UPI sebagai penyelenggara mengadakan sesi tanya jawab dan sesi diskusi Bersama para ibu-ibu PKK.

Ibu-ibu PKK Flat sarijadi sangat antusias dalam menyaksikan demo masak pembuatan kue kering ini dan banyak pertanyaan yang diajukan seperti “neng, jadi trik yang harus dilakukan agar tekstur kuenya tidak rapuh itu harus diapakan ya” kemudian tanggapan dari beberapa ibu-ibu pkk yang mengatakan bahwa pembuatan kue kering ini sebenarnya tidak terlalu sulit, dan pembuatannya bisa dilakukan di rumah.

Setelah sesi diskusi selesai, kue kering pun sudah matang. Para ibu-ibu PKK langsung menyicipi kue yang telah dikeluarkan dari oven dan para ibu-ibu semakin senang karena dapat membawa pulang hasil resep kue kering yang mereka buat. “wah rasanya enak, teksturnya renyah dan rasa manis kuenya juga pas” ujar ibu Nani Sumarni sebagai anggota PKK di Flat Sarijadi tersebut.

“Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan ibu-ibu dalam membuat kue kering dan dengan harga yang cukup ekonomis diharapkan ibu-ibu dapat memproduksi kue kering di rumah bahkan dapat menjual produk tersebut” Ujar Mahasiswi UPI selaku pelaksana pelatihan yang menyampaikan penutup dari acara penyuluhan pada pukul 17.30 WIB. Semua peserta terlihat antusias dengan kegiatan pelatihan pembuatan Kurtar tersebut.  

Berikut leaflet “Kurtar” yang dapat diakses pada link dibawah ini:

Leaflet Kurtar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline