Di dalam lingkungan kerja tentunya kita membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman dengan karyawan yang saling mendukung dalam semua pekerjaan. Tidak ada drama di antara pemimpin dan juga karyaan contohnya saling jegal, saling sikut, perundungan, sindiran, dan lain sebagainya. Permasalahanya untuk menciptakan kondisi yang di perlukan kerjasama antara perusahaan, pemimpin, dan karyawan itu sendiri bagaimana?. Untuk menciptakan kondisi yang demikian di perlukan kerjasama antara pemimpin, dan juga karyawan itu sendiri. Dengan kekompakan pemimpin dan juga karyawan akan menciptakan tujuan yang di impikan. Selanjutnya kita akan membahan bagaimana cara mengelola karyaan dengan sangat baik, sehingga kondisi di atas dapat terselesaikan.
- Sampaikan ekspektasi dengan jelas
Masalah besar yang seringkali dihadapi pemimpin dan juga karyawan adalah kesalah fahaman dalam menyikapi dan ketidak samaan dalam mengambil sesuatu projek kinerja. Apalagi karyawan dalam perusahaan tersebut sangat banyak dan memiliki kemampuan yang berbeda beda. Bisa juga ketika pemimpin menyampaikan keinginanya ketika sampai ke telinga karyawan akan berubah drastis, apalagi ketika sampai ke karyawan di tingkatan terendah. Oleh karena itu kesalah pahaman dan juga ketidak mengertian adalah salah satu penyebab utama dimana masalah itu muncul. Oleh karena itu kamu sebagai pemimpin harus bisa menjelaskan secara rinci kepada karyawan untuk menghindari permasalahan di atas.
- Lakukan komunikasi secara rutin
Walaupun kamu sudah menjelaskan secara rinci mengenai ekspektasi yang di inginkan, agar kita menghindari kendala kendala dan rintangan yang kita alami, Oleh karena itu kita harus banyak banyak melakukan komunikasi ataupun diskusi oleh pemimpin dan juga karyawan. Adanya komunikasi tersebut dapat memecahkan masalah bersama sama. Dari adanya komunikasi yang rutin ini agar segala hal hal kecil pun dapat di ketahui bersama.
- Pantau kinerja
Sebagai pemimpin tugas kita bukan hanyalah duduk duduk dan santai santai saja, justru ketika kita menjadi seorang pemimpin kita harus tau bagaimanakah semua proses yang sedang dilakukan oleh semua karyawan kita. Oleh karena itu kita harus memantau kinerja para karyawan sehari harinya. Dengan kita memantau kinerja mereka kita bisa melihat progres projek tersebut secara jelas. Kita pun bisa memberi komentar, ataupun saran ketika karyaan sedang melakuka pekerjaan. Dengan adanya pemantauan tersebut dapat membantu melihat pruduktifitas dari karyawan kita.
- Peka terhadap lingkungan
Sebagai pemimpin artinya kita harus peka terhadap lingkungan dan juga kita harus peka terhadap para karyawan kita. Di karenakan para karyawan memiliki kepribadian yang berbeda beda, dengan adanya perbedaan tersebut terkadang juga dapat membawa masalah dalam melakukan pekerjaan dalam suatu tim. Oleh karena itu kita sebagai pemimpin juga harus sangat peka terhadap karyawan kita dan juga kita harus sangat jeli dan harus sering sering memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul antara karyaan kita.
- Pahami tim dengan baik
Sebuah tim sebagian besar terbentuk dari sebuah lingkungan, dan juga kepribadian ataupun sifat juga kadang kala tidak sama. Dengan begitu pula dalam satu tim juga terdiri dari orang yang bertolak belakang. Dengan begitu kamu harus mengamati kelebihan dan juga kekurangan yang di miliki oleh tim kamu.
- Apresiasi kerja karyawan
Cara yang terakhir ini kamu harus pandai pandai dalam mengapresiasi kerja yang telah di lakukan oleh karyawan mu. Dengan begitu kerja keras yang mereka lakukan akan merasa di hargai oleh kamu, dan juga kamu bisa memberi apresiasi dengan sebuah pujian ataupun kamu juga bisa memberi bonus gaji ataupun sebagainya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H