Lihat ke Halaman Asli

Ternak Bebek Petelur

Diperbarui: 27 September 2022   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Untuk saat ini permintaan telur bebek di pasaran sangatlah signifikan, tetapi sangat di sayangkan peningkatan telur di kalanganan bebek sangatlah tidak memadai. Fenomena ini sangat membuka peluang sangat besar untuk kira semua untuk terjun berbisnis telur bebek, Dan juga harga telur bebek pun terbilang cukup tinggi.

Tahap Budidaya Bebek Petelur

  • Persiapan Kandang

Dalam pembuatan kandang bebek pun tidak terbilang sulit dan di haruskan untuk sesuai dengan perhitungan. Perlu adanya pemahaman yang lebih tetang pembuatan luas kandang, dan ada berapakah bebek yang bisa di letakkan di dalam kandang. Untuk ukuran ideal adalah 7 x 8 meter, dengan jumlah kapasitas 100 ekor bebek. 

Untuk skala 600 ekor bebek berarti kita membutuhkan luas lahan 7 meter x (8 meter x 6), jadi total luas lahan yang di perlukan adalah 7 meter x 48 meter, di karenakan bebek tidak suka berdesakan jika anda mempunyai lahan yang lebih, anda bisa menambahi lebar kandang tersebut agar menjaga suhu di dalam agar tidak panas.

Cara Memilih Bebek Berkualitas Yang Siap Berelur

Kualitias bebek juga mempengaruhi proses produksi hingga menghasilkan telur. Apabila bibit bebek tersebut berkualitas maka telur tersebut juga akan berkualitas. 

Di zaman sekarang pun juga sulit untuk memilih bibit yang berkualitas. Pembibitan bebek di era sekarang juga belum di lakukan secara intensif, sehingga kebanyakan pembibitan bebek di lakukan dengan cara mengambil telur bebek dari peternak yang memiliki bibit bebek yang berkualitas.

  • Ciri -- ciri Bebek Yang Siap Bertelur
  • Bebek berumur antara 5 sampai 6 bulan. Jika anda membeli di pasaran katakan baha anda ingin membeli bebek yang sudah siap bertelur
  • Kondisi badan fit, badan gemuk, tidak cacat, bulu halus, badan tegap
  • Bobot bebek mencapai 1,4 kg sampai 1,6 kg. Di sarankan jika anda membeli bebek dengan bobot yang sama agar telur juga bisa berukuran seragam
  • Tulang ekor lebar sekitar 3 jari

 

  • Pakan Bebek Petelur

Beternak hingga bebek siap menghasilkan telur di perlukan pemeliharaah rutin, terutama pada saat memberikan pakan kita harus memperhatikan cara yang tepat sesuai usia bebek dan juga kita juga harus memperhtikaporsi yang kita berikan kepada bebek. Pakan bebek petelur juga harus mengandung protein yang tinggi, energi, dan juga mineral. 

Pakan campuran juga bisa di gunakan untuk memberi makan bebek, contoh pakan campuran: biji-bijian dan juga sayuran kemudian pakan tersebut di campur dengan konsentrat pabrikan. 

Pakan bebek petelur disa diberikan sebanyak 70% konsentrat jagung, untuk 30% berupa dedak padi sebagai bahan pokok. Harga konsentrat sekitar Rp. 650.000 per 50 kg. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline