Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan Matching Fund Penyusunan Katalog Produk Budaya Desa Plunturan 2021

Diperbarui: 15 Desember 2021   05:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa sastra inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas 17 Agustus 1945 mendapat kesempatan untuk mengikuti program Matching Fund yang dilaksanakan di Desa Plunturan, Kecamatan Pulung, Ponorogo yang berlangsung dari bulan September - Desember 2021. 

Dengan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah direncanakan oleh tim Matching Fund, salah satunya yaitu penyusunan katalog produk budaya.

Desa Plunturan merupakan desa yang kaya akan keanekaragaman budayanya sehingga berpotensi untuk menjadi desa wisata budaya yang diharapkan tidak hanya dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia saja melainkan bisa sampai kewisatawan mancanegara. 

Desa ini memiliki wilayah yang cukup luas, terdiri dari 4 dusun diantaranya ialah dusun Suru, dusun Krajan, dusun Cabean, dan dusun Gadungan. 

Salah satu contoh seni kebudayaan yang bertahan dan lestari hingga saat ini yaitu seni Reyog. Kesenian ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga semua orang.

 Kesenian ini sekaligus menjadi ikon khas Kabupaten Ponorogo bahkan sudah mendunia. Versi Reyog pun sangat beragam ada Reyog modern dan juga Reyog kuno. 

Menariknya desa Plunturan ini masih melestarikan Reyog kuno. "Sebenarnya kalau reog itu gaada bedanya cuman ada, sekarang ini ada yang melestarikan reog kuno seperti Mbah Ghani, Mbah Ghani ini yang dilestarikan itu reog kuno" Ujar Mbah Ghani (73), selaku pelaku kesenian yang berasal dari dusun Suru, hingga saat ini masih aktif dalam melestarikan seni Reyog Onggopati.

Tak hanya kesenian dan budayanya saja, kuliner juga memiliki peranan penting dalam menarik minat wisatawan yang akan berkunjung. Kuliner desa Plunturan yang bisa dinikmati ketika sedang berkunjung di desa ini seperti Gulai Cuwo. 

Kuliner yang berasal dari Dusun Gadungan ini memang tidak jauh berbeda dengan bahan utama yang digunakan untuk memasak gulai yaitu daging sapi, kambing, dan ayam. 

Keunikan yang dimiliki Gulai Cuwo ini terletak pada cara penyajiannya yang masih tradisional. Dihidangkan dalam "Cuwo", sejenis magkok kecil yang terbuat dari tanah liat sehingga membuat gulai memiliki cita rasa khas yang nikmat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline