Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 12 Melakukan Program Bela Negara

Diperbarui: 10 Maret 2022   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KKN-T Universitas PGRI Madiun telah melakukan program Bela Negara dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) mengenai Pendataan Penduduk, Peningkatan Kesadaran Bela Negara, Peningkatan Semangat Gotong Royong, dan Peningkatan Kreativitas Anak di Dusun Beringin RT 18 RW 04 Desa Sebayi Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun, pada hari Sabtu (05/02/22).

Metode Pelaksanaan dalam KKN-T Bela Negara Pelaksanaan kegiatan pendataan penduduk atau sensus penduduk menggunakan metode pendekatan kepada masyarakat dusun Beringin dengan mendatangi satu persatu rumah warga. Dilanjutkan dengan kegiatan sensus penduduk dengan mewawancarai tiap kepala keluarga guna mengumpulkan data mengenai jumlah anggota keluarga tiap rumah, tingkat ekonomi keluarga, rata-rata mata pencaharian warga, dan juga kesulitan yang dialami setiap anggota keluarga di Dusun Beringin.

Pendataan Penduduk (Dokpri)

Peningkatan Kesadaran Bela Negara (Sosialisasi 4 Konsensus) ini melakukan pendekatan pada anak-anak dengan menggunakan metode mengajar belajar sambil bermain. Dalam pelaksanaannya anak-anak diberikan pembelajaran materi tentang 4 konsensus dalam Bela Negara. Kemudian setelah itu, dilakukan tanya dan jawab soal terkait materi yang telah dijelaskan tersebut.

Peningkatan Kesadaran Bela Negara (Dokpri)

Pelaksanaan gotong royong dilaksanakan di dusun Beringin Desa Sebayi dalam membersihkan lingkungan dan pengecatan pos ronda di Dusun Beringin oleh kelompok 12. Dari kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya peduli lingkungan serta dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kekeluargaan akan lebih kompak dan lebih dekat masyarakat dusun Beringin.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline