Lihat ke Halaman Asli

Nadeayiyians

mahasiswa

Mahasiswa dalam Society 5.0

Diperbarui: 25 Agustus 2022   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Era society 5.0 sudah ada dihadapan kita. Era ini adalah sebuah konsep gagasan dari Jepang dan diresmikan pada 2 tahun yang lalu. 

Konsep Society 5.0 bertujuan untuk membantu kehidupan manusia, kita bisa menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis modern. Society 5.0 tidak lain dan tidak bukan ada agar manusia mendapatkan kemudahan dan terbantu dalam kehidupan sehari-hari. 

Disini pendidikan sangat berperan penting dalam perkembangan Society 5.0. Arah dan tujuan bangsa ditentukan oleh para generasi mudanya. 

Tangan-tangan generasi muda bisa mengubah suatu bangsa, apakah dibawa ke surga kemajuan negara atau malah ke jurang kehancuran. Sudah semestinya kita sebagai mahasiswa harus mengambil peran aktif dalam membantu dan menjadi generasi emas bangsa yang mampu mengharumkan dan memajukan negara kita tercinta ini. 

Society 5.0 menuntut semua lapisan masyarakat agar melek akan teknologi. Apalagi sebagai seorang mahasiswa, kita harus mau belajar dan memahami bagaimana arus perubahan teknologi yang terjadi. Jika tidak, maka kita akan menjadi penonton di suatu opera dunia tanpa mengambil peran apapun. 

Mahasiswa harus mandiri, harus tahu mana yang bisa mencerahkan masa depan atau memperburuk masa depan. Mahasiswa harus bisa mencari ruangan belajar di luar akademika, baik mengikuti organisasi dalam maupun luar kampus. 

Tentu saja hal tersebut memberi banyak dampak positif, seperti pengembangan soft and hard skills, menambah wawasan dan pengalaman sehingga kita bisa yakin jika mempunyai masa depan yang gemilang pada era Society 5.0 ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline