Lihat ke Halaman Asli

Tips Kembalikan Mood agar Tetap Berstamina

Diperbarui: 5 Januari 2023   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa yang harus Anda lakukan jika suasana hati Anda tiba-tiba merosot dan Anda kehilangan minat untuk beraktivitas? Anda mungkin terlibat dalam perilaku buruk. Pesta makan, merokok, dan minum terlalu banyak alkohol adalah contohnya. Sepertinya ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan mood Anda.

Melakukan sesuatu yang Anda nikmati akan membuat Anda lebih bahagia jika suasana hati Anda sedang baik. Anda sadar bahwa selain informasi, ada beberapa cara langsung untuk memulihkan suasana hati. Untuk lebih jelasnya, lihat pemaparan di bawah ini.

1. Mendengarkan Musik

Musik sudah begitu mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak bisa lepas darinya. Audiens juga dapat dipengaruhi dengan cara yang berbeda oleh jenis musik yang berbeda. Saat Anda sedang tidak enak badan, cobalah mendengarkan musik dengan lirik positif dan irama yang ceria. Oleh karena itu, kata-kata penyemangat juga dapat membantu dalam meningkatkan semangat.

2. Minum Kopi Atau Teh.

Kafein yang dapat memicu pelepasan dopamin dapat ditemukan pada kopi, teh, dan teh hijau. Dopamin merupakan zat kimia di otak yang dapat meningkatkan mood dan performa dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, para peneliti percaya bahwa kafein mengurangi risiko depresi.

Secangkir kopi atau teh adalah cara sederhana untuk membuat hari Anda lebih menyenangkan. Selain itu, rutinitas ini bisa digunakan untuk membangkitkan semangat pagi.

3. Cobalah Tertawa

Saat suasana hati sedang buruk, mungkin sulit untuk mencoba tertawa. Namun, Moms, berhentilah dikelilingi oleh hal-hal negatif. Carilah buku-buku, foto-foto, atau kisah-kisah hiburan yang dapat membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Karena tertawa membuat tubuh Anda melepaskan hormon bahagia dopamin, mudah untuk merasa lebih baik.

4. Konsumsi Coklat

Tentunya sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa coklat mengandung enzim polifenol yang sejak lama dianggap sebagai obat pereda stres. Cokelat biasanya dianggap sebagai spesialis dalam menenangkan. Heh, menurut saya, mungkin akan lebih mudah bagi saya untuk bersantai jika saya makan cokelat daripada memakannya. Saat makan coklat, saya tidak yakin apakah posisi mengunyahnya sudah benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline