Lihat ke Halaman Asli

Stand Up Comedy Indonesia Perempuan

Diperbarui: 1 Juni 2023   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.Citra

Seperti yang saya sudah janjikan bahwa saya akan membahas khusus Stand Up Comedy perempuan. Kebetulan saya sendiri tergabung dalam Stand Up Indo Jaksel, saya memulai dari menontonnya lalu mencoba untuk naik ke atas panggung di Markas Comika. Saya menggunakan aliran story telling sebagaimana saya biasa menulis. 

Pada awal saya mengenal stand up dari Youtube dan kebetulan ada channel yang bintang tamunya adalah Mpo Citra, biasa dikenal dengan Macan Pulo Gebang. Nama asli adalah Citra Sari, seorang ibu rumah tangga yang berumur diatas 37 tahun, memiliki 5 orang anak, tinggal di daerah Pulo Gebang. Rumahnya terbuat dari bilik, lantainya pun langsung tanah dan bekerja serabutan seperti membantu membersihkan rumah orang, membantu memasak, jualan pecel dan saat ini beliau sedang mencoba untuk menjadi SPG sebuah perusahaan minuman dan berkeliling dalam menjualkan dagangannya tersebut. Bukan main kan perjalanannya.

Saya mengenalnya di acara OPM standupindo jakpus yang saat itu berlokasi di Teras Cempaka, Jakarta Pusat. Lokasi yang tidak jauh dengan apartemen Green Pramuka. Dia supel, gampang bergaul, apa adanya dan ramah. 

Banyak acara-acara stand up yang dia ikuti di channel Youtube, beberapa kali sudah masuk di TV Nasional dengan membawakan lawakan khas betawi nya. Materi yang biasa dia bawakan itu adalah kisah pengalaman hidupnya dan kesengsaraan masa lalu nya yang dibawakan dengan komedi. Saya menikmati acaranya itu. 

Dia adalah salah satu komika perempuan yang dapat berhasil di bidang Stand Up Comedy Indonesia karena beberapa kali memenangkan kompetisi bergengsi ini. Dia juga sudah pernah tampil sebagai peran utama dan peran figuran di salah satu channel Youtube dan di TV. 

Kisahnya memang tidak sebaik orang-orang yang lain karena berangkat dari depresi seorang ibu yang anaknya banyak dan memutuskan untuk bunuh diri. Pada akhirnya denga Stand Up ini dia dapat menyembuhkan depresi nya dan sudah tidak lagi berniat untuk bunuh diri. Karena beberap kali niat bunuh diri nya ternyata gagal.

Masih banyak lagi komika perempuan lainnya didalam Stand Up Comedy Indonesia, termasuk juga nama-nama yang sudah terkenal seperti Kiky Syaputri, Boah Sartika, Neneng, dan lain sebagainya. 

Sangat sulit untuk menjadi seorang komika perempuan yang dapat berhasil di bidang ini, karena beberapa alasan yang mungkin akan terjadi. Salah satunya adalah latihan OPM pada malam hari, belum lagi lokasi yang berjauhan dari rumah sehingga waktu untuk latihan belum bisa terpenuhi. Apalagi kalau sedang musim hujan, sudah barang tentu akan sulit untuk perempuan keluar rumah untuk sekedar hadir di acara OPM. 

Perempuan yang tergabung didalam Stand Up Comedy Indonesia datang dari berbagai kalangan, berbagai usia, berbagai pekerjaan. Banyak yang sudah diatas umur, seperti contohnya Mpo Citra ini. Dia memiliki anak 5, untuk sekedar fokus di bidang Stand Up Comedy, sepertinya tidak memungkinkan untuknya. Karena setiap hari dia harus mencari uang untuk makan bersama keluarga, belum lagi kalau ada yang minta jajan, belum lagi uang sekolah, belum lagi masalah-masalah lainnya yang sering dihadapi para ibu rumah tangga yang suaminya memberikan nafkah pas-pasan.

Untuk menjadi seperti sekarang ini, Mpo Citra harus melalui beberapa proses kompetisi yang tidak mudah dilalui. Kesulitan-kesulitan dan stress tinggi yang dia hadapi juga saya ketahui karena kebetulan saya juga ada disana bersamanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline