Lihat ke Halaman Asli

Nada Nadhifah

Freelance Content Writer

Jangan Asal Jualan, Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Mendirikan Bisnis Online!

Diperbarui: 27 Juni 2023   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi jualan atau bisnis online di marketplace | Sumber: istock/alexsl

Usaha bisnis online semakin populer di era digital saat ini, apalagi banyak platform yang menyediakan keunggulan untuk berbisnis. Namun, banyak orang yang terlalu terburu-buru dalam memulai bisnis online tanpa mempertimbangkan beberapa hal penting terlebih dahulu.

Sebelum kamu memulai bisnis online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisnis kamu dapat sukses dan berkembang. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendirikan bisnis online.

1. Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis online, kamu perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui apakah produk atau layanan yang kamu tawarkan memiliki potensi pasar yang besar atau tidak? Lakukan survei dan analisis pasar untuk mengetahui kebutuhan serta preferensi konsumen.

2. Persiapan Modal

Bisnis online membutuhkan modal yang cukup untuk membeli stok produk, membayar biaya pengiriman serta biaya pemasaran. Pastikan kamu memiliki persiapan modal yang cukup sebelum memulai bisnis online.

3. Pemilihan Platform

Pilih platform e-commerce yang tepat untuk bisnis kamu. Ada banyak platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan sebagainya yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk kamu. Pilih platform yang memiliki keunggulan yang sesuai dengan jenis produk atau layanan yang kamu tawarkan.

4. Branding Merek

Brand atau merek adalah hal yang penting dalam bisnis online. Pastikan kamu membangun branding yang kuat dan mudah diingat oleh konsumen. Ingat! Meningkatkan brand awareness itu penting, maka dari itu sembari memulai bisnis online kamu perlu membangun brand awareness dari produkmu sendiri. Gunakanlah logo dan desain yang menarik serta eyes catching yaitu menarik perhatian konsumen untuk membangun identitas merek kamu.

5. Mengelola Stock dan Pengiriman Produk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline