Lihat ke Halaman Asli

Nada Nadhifah

Freelance Content Writer

Tips Ampuh Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia dalam Menggunakan Produk yang Kita Jual!

Diperbarui: 9 Mei 2023   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi seorang pria sedang menawarkan produk terbaru kepada pelanggan setianya | Sumber: pexels/kampus production 

Mempertahankan pelanggan yang sudah menggunakan produk atau layanan kita merupakan bukanlah hal yang mudah, tetapi sangat penting untuk keberhasilan bisnis kita. Agar pelanggan tetap setia, kita perlu menggunakan strategi yang tepat dan ini merupakan tugas kita sebagai pembuat produk. Berikut ini ada beberapa tips ampuh untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia dalam menggunakan produk yang kita jual!

1. Berikan layanan yang baik

Layanan yang baik adalah kunci utama untuk mempertahankan pelanggan. Pastikan bahwa produk atau layanan kita selalu memberikan kepuasan dan manfaat yang sesuai dengan harapan costumer. Berikan layanan yang ramah, responsif dan memperhatikan kebutuhan pelanggan. Jangan lupa untuk memperhatikan feedback dari pelanggan serta memperbaiki produk atau layanan kita jika diperlukan.

2. Berikan promosi dan diskon

Memberikan promosi dan diskon khusus untuk pelanggan tetap yang sudah setia dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk kita. Berikan diskon khusus atau hadiah langsung kepada pelanggan setia, atau bisa tawarkan program keanggotaan atau reward point yang dapat ditukarkan dengan produk atau layanan kita.

3. Tetaplah jaga komunikasi yang baik dengan pelanggan

Kita sebagai pemilik produk harus memastikan komunikasi dengan pelanggan tetap terjaga dengan baik! Tanyakan pendapat mereka mengenai produk atau layanan kita dan dengarkan dengan baik umpan balik yang mereka berikan. Gunakan media sosial atau email sebagai wadah untuk mengirimkan informasi terbaru mengenai produk atau layanan kita, dan juga berikan informasi atau penawaran khusus yang hanya diberikan kepada pelanggan setia.

4. Berikan pengalaman atau kesan yang menyenangkan

Selain produk atau layanan yang baik, pengalaman yang menyenangkan dalam berbisnis juga dapat mempertahankan pelanggan lho. Pastikan bahwa proses pembelian dan pengiriman produk atau layanan kita mudah dan nyaman. Berikan juga pelayanan yang menyenangkan dan dapat memberikan pengalaman positif bagi pelanggan.

5. Tawarkan produk atau layanan terbaru dari sebelumnya

Tawarkan produk atau layanan terbaru yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan. Jangan hanya fokus pada produk atau layanan yang sudah ada, tetapi perluas jangkauan produk atau layanan kita dengan menawarkan produk atau layanan terbaru yang inovatif. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak bosan dan kabur ke kompetitor lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline