Lihat ke Halaman Asli

KKN UGM Kelurahan Kadipaten: Pembuatan Jahe Serbuk untuk Kesehatan

Diperbarui: 19 Mei 2024   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok: Nada Khairunnisa (2024)

Kompasiana, Yogyakarta- Telah dilaksanakan program kerja oleh Nada Khairunnisa, mahasiswi KKN UGM Periode 1 2024. Program yang diselenggarakan adalah demonstrasi pembuatan jahe serbuk kepada Ibu PKK pada awal bulan Mei pukul 16.00, bersamaan dengan kegiatan perkumpulan ibu PKK.Jahe merupakan tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan herbal dikarenakan jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meringankan masalah pencernaan.

Di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU, mahasiswa KKN-PPM UGM 2024, program ini diawali dengan pengenalan manfaat jahe dan kenapa jahe sangat baik untuk membantu meningkatkan imun tubuh manusia dengan pemberian flyer untuk membantu memahami materi yang disampaikan.

Dilanjut dengan demonstrasi pembuatan jahe serbuk kepada Ibu-Ibu PKK, jahe serbuk dapat membantu dalam mempercepat proses pembuatan jahe yang hangat. Jahe serbuk dapat disimpan di suhu ruang selama 2-3 tahun, sehingga dapat digunakan untuk kedepannya saat membutuhkan. Hanya diperlukan 1-2 sendok makan jahe serbuk lalu ditambah air hangat sudah bisa langsung diseduh. Untuk meningkatkan antusias ibu-ibu, disediakan juga jahe serbuk untuk dibagikan agar dapat dicoba saat di rumah bersama keluarga.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Ibu-Ibu lebih semangat lagi untuk meningkatkan kesehatan keluarga dengan menggunakan tanaman herbal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline