Lihat ke Halaman Asli

Nada Cinta

Mahasiswa

Waspada Penipuan Online, Perbankan Syariah Gelar Literasi bagi Lansia di Pekanbaru

Diperbarui: 13 Agustus 2024   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada era 4.0 ini semua bidang sudah menggunakan digitalisasi, baik dalam hal keuangan, Pendidikan, ekonomi dan lainnya. Berkembang nya digitalisasi ini seharusnya dibarengi dengan literasi dan pengetahuan terhadap penggunaan digital tersebut. Jika hal ini tidak dibarengi maka mudah terjadi hal hal negative seperti penipuan dan lainnya. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, umur harapan hidup (UHH) penduduk Indonesia mencapai 73,93 tahun pada 2023. 

Populasi lansia yang semakin meningkat setiap tahunnya, hingga pada sekitar 30%. Dengan meningkatnya populasi lansia di Indonesia, pemerintah perlu mempersiapkan infrastruktur dan layanan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan lansia.

"Kami sangat antusias untuk menyelenggarakan pelatihan ini. Literasi digital dan kemampuan kritis adalah keterampilan yang sangat penting di era digital, terutama bagi lansia yang sering kali menjadi sasaran penyebaran hoaks. Peserta akan didampingi oleh para fasilitator untuk berdiskusi dan memberi pengetahuan dan keterampilan untuk melindungi diri dari informasi yang tidak kredibel," kata Hardhina Rosmasita, Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Riau.

Wahyi Busyro selaku dosen prodi perbankan syariah sekaligus fasilitator dalam kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini penting dilakukan agar pengetahuan dan pengalaman Masyarakat meningkat sehingga tidak mudah terjadi penipuan. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini antusias dan bisa menerima materi yang diberikan oleh fasilitator"

Kegiatan literasi digital ini dihadiri oleh 100 orang lansia, yang dilaksanakan pada hari sabtu 10 agustus 2024 di aula panti asuhan putri aisyiyah. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan pimpinan wilayah nasyiatul aisyiyah (PWNA) dan Tular Nalar Indonesia.

Dengan adanya pelatihan ini, Nasyiatul Aisyiyah Riau berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat, khususnya para lansia. Lansia sebaiknya bisa BERBUDI atau bersama bugar digital agar dapat mengakses informasi dan layanan yang aman, terhubung dengan keluarga dan teman, mencegah isolasi sosial, meningkatkan kualitas hidup, keamanan dan privasi online dan kemandirian dan keberdayaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline