Lihat ke Halaman Asli

Nada Ayu Sekar Arum

Platform sharing media informasi kesehatan

KKN UNDIP Peduli Gizi Anak dan Gizi Masyarakat Selama #stayathome dengan Edukasi Interaktif

Diperbarui: 12 Februari 2021   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

BOJONEGORO – Kadipaten. (12/02). Mahasiswa KKN Undip Tim I melaksanakan 2 program edukatif masyarakat terkait COVID-19 dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Program ini diawali dengan penyuluhan pada pertemuan rutin ibu – ibu Pengurus Dasawisma RT/RW 07/02 Kelurahan Kadipaten setiap tanggal 15. Mahasiswa Tim I KKN Undip menggunakan kesempatan tersebut untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi covid-19. Kegiatan ini dihadiri oleh 8 ibu – ibu pengurus, serta berlokasi di salah satu rumah pengurus dasawisma tersebut di Jalan Teuku Umar, Kadipaten, Bojonegoro.

Kegiatan ini dimulai pukul 15.30, dan terdapat 3 materi yang disampaikan oleh Nada Ayu Sekar Arum selaku mahasiswa Tim I KKN Undip. Materi yang disampaikan yaitu terkait penerapan protokol kesehatan selama pandemi covid-19, gizi mikro dan makro apa saja untuk menambah imun yang merupakan upaya untuk mencegah covid-19, hoax yang ada di masyarakat, serta sharing pengetahuan ibu – ibu pengurus dasawisma RT 07 terkait perkembangan covid-19

Dokpri

Selain itu, terdapat edukasi yang dilaksanakan secara door-to-door terkait Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan sasaran utama adalah ibu menyusui dan bayi/balita yang terdapat di RT/RW 07/02. Edukasi ini dilaksanakan setiap minggunya dengan materi yang berbeda. Terdapat 4 materi yang disampaikan yaitu asupan gizi bagi bayi/balita yang sesuai dengan usianya, pentingnya ASI Eksklusif, imunisasi pada anak, serta pertolongan pertama pada beberapa gangguan kesehatan yang sering terjadi pada anak.

Dokpri

Masalah yang ditemukan pada ibu menyusui yaitu ASI pernah tidak keluar dan payudara terasa sangat kencang serta terdapat benjolan pada salah satu payudara ibu menyusui yang ada di Kelurahan Kadipaten. Selain itu, beberapa ibu tidak mengetahui beberapa pertolongan pertama dasar apabila anak sakit, seperti diare, mimisan, atau tersedak.

Kedua program kerja tersebut juga dilaksanakan melalui sharing interaktif di whatsapp. Dimana setiap minggunya akan terdapat konten menarik yang dibagikan melalui grup ibu – ibu pengurus dasawisma RT 07 maupun chat personal terkait permasalahan ibu menyusui di RT 07. Beberapa konten di grup whatsapp ibu – ibu pengurus dasawisma yang dibagikan adalah poster terkait anjuran buah dan sayur yang bermanfaat untuk imboost imun selama covid-19, serta misinformasi covid-19 yang ada di masyarakat. Selain itu terdapat video edukatif yang disampaikan oleh Nada Ayu Sekar Arum selaku mahasiswa KKN Undip Tim I tentang bagaimana penggunaan masker yang baik dan benar.

Kegiatan edukasi masyarakat ini dilaksanakan selama 4 minggu, baik untuk program kerja terkait covid-19 maupun KIA dan diakhiri dengan membagikan poster, masker, serta handsanitizer secara door-to-door. Poster yang dibagikan kepada ibu – ibu dasawisma terkait covid-19 yaitu “Herba Imboost Immune” serta “Tata Laksana Isolasi Mandiri Covid-19”. Sedangkan poster yang dibagikan kepada ibu menyusui yaitu “MPASI dan Anjuran Pilihan Makanan Bergizi Sesuai Usia” dan “Pertolongan Pertama Pada Beberapa Gangguan Kesehatan Anak”.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline