Lihat ke Halaman Asli

Kiat Melapisi Buku dengan Sampul Plastik Mika

Diperbarui: 31 Juli 2020   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Buku adalah kumpulan halaman berisi tulisan yang sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari. Tulisan di dalam buku memiliki manfaat yang beragam, dari mulai hiburan hingga edukasi. Yang pasti, buku merupakan sumber informasi yang bermanfaat bagi kita.  Saking bermanfaatnya informasi yang terkandung dalam buku, ada pepatah yang menyebutkan bahwa buku adalah jendela dunia. 

Tidak sedikit penggemar buku yang membaca dengan memanfaatkan setiap waktu luang yang tersedia. Beberapa penggemar buku bahkan sampai membawa buku ke berbagai tempat. Membawa buku ke berbagai tempat tentu sangat berisiko. 

Bisa saja sampul buku menjadi terlipat atau terkena percikan air hingga sobek. Hal itu dapat dihindari dengan melapisi sampul buku dengan sampul plastik. Sayangnya masih banyak pemilik buku yang bingung dan belum mengetahui bagaimana cara melapisi buku dengan plastik mika.

Berikut ini langkah-langkah melapisi buku dengan sampul plastik mika :

1. Siapkan gulungan plastik mika, gunting dan selotip.
Plastik mika yang dijual biasanya sepanjang 34 cm atau 45 cm, lalu disesuaikan dengan ukuran panjang buku. Selotip yang digunakan adalah selotip plastik kecil ukuran 12 mm atau 24 mm agar memudahkan ketika menerapkannya pada sampul plastik mika.

2. Buka dan Hamparkan Gulungan Plastik mika.
Usahakan membuka dan melebarkan sebatas buku yang akan disampul atau dilapisi saja, sehingga tidak perlu kesulitan menggulungnya kembali.

3. Letakkan Buku di Atas Plastik Mika
Letakkan buku yang akan Anda lapisi di atas hamparan mika lalu potong plastik mika menjadi seukuran buku dengan melebihkan bagian tepi mika, sekitar 3 cm dari tepi buku.

4. Lipat Tepi Plastik Mika Samping ke Arah Dalam
Lipat tepi sampul plastik mika bagian samping ke arah dalam lalu rekatkan dengan selotip. Usahakan lipat dengan sesuai dan tidak terlalu ketat agar sampul buku tidak rusak.

5. Potong Tepi Sampul Atas dan Bawah
Potong tepi sampul bagian atas dan bawah secara menyerong dari kanan ke kiri di bagian tepi buku yang dekat dengan jilid buku. Usahakan potongan tidak terlalu dekat atau jauh dari jilid buku agar tepi sampul dapat dilipat dan fungsi sampul dapat dimaksimalkan.

6. Lipat Tepi Plastik Mika Atas dan Bawah
Lipat juga tepi plastik mika bagian atas dan bawah ke arah dalam dan rekatkan dengan selotip.

7. Potong Sisa Tepi Plastik Mika
Ambil sisa dari bagian tepi plastik mika dan satukan di tengah, lalu potong. Berhati-hatilah ketika melakukan ini agar hasil potongan sesuai dengan sampul plastik menutupi seluruh tepi buku. Terapkan langkah tersebut secara berulang di keempat sudut sampul buku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline