Lihat ke Halaman Asli

Nabil Mufid

mahasiswa

BEM FEB UMY Pengembangan Soft Skill Mahasiswa

Diperbarui: 1 Juli 2024   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDAHULUAN

Soft Skill adalah skill yang berkaitan dengan cara seseorang berinteraksi dengan orang lain atau pekerja lain.Berbeda dengan hard skill,soft skill ialah keterampilan seseorang yang akan membantunya untuk bisa sukses dari berbagai aspek.

BEM FEB UMY adalah suatu komunitas yang bertujuan untuk menjadi tempat menyalurkan aspirasi mahasiswa,selain itu BEM FEB UMY juga menjadi tempat meningkatkan soft skill para Mahsasiswa.

PERAN BEM DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA

Di dalam BEM FEB UMY Mahasiswa tentunya akan di latih dan juga praktek langsung untuk bisa mengasah ataupun meningkatkan softskill yang ada pada diri mahasiswa yang ikut serta dalam ke anggotaan Organisasi tersebut.

Public speaking,Komunikasi,berpikir kritis,kreatif,Adaptasi adalah contoh dari softskill yang sangat penting dimiliki untuk berkecimbung di dunia kerja nantinya.Dan tidak hanya berguna di dunia pekerjaan,Soft skill juga berguna di dunia pendidikan seperti di perrkuliahan.Soft skill tentunya akan mempermudah pembelajaran dan adaptasi di lingkungan perkulihana yang sangat berbeda dengan masa-masa di SMA.

Di dalam BEM FEB UMY,mahasiswa-mahasiswa yang bergabung di sana akan di masukkan kedalam Dinas-Dinas yang berbeda yang di tentukan oleh pimpinan dari BEM tersebut.

Dan selama bergabung di dalam Komunitas tersebut.Mereka akan di jadikan sebagai Panitia dari berbagai Acara-acara yang akan di lakukan.Dan juga akan ada yang di tunjuk menjadi Ketua pelaksana acara nya.

Oleh karna itu,Mahasiswa pastinya akan belajar menjadi seorang panitia dan akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa membuat dan menjalankan acara dengan kemampuan mereka bersama.

Dengan demikian,sengaja maupun gak sengaja mereka akan terlatih dan mengasah softskill mereka sediri.baik itu softskill komunikasi,kepimpinan,public speaking,berpikir kritis dan juga kreatif.semua nya akan di asah secara perlahan selama mereka gabung di dalam komunitas tersebut.yang akan membuat karakter seorang yang pandai dan juga cermat.

SEBAGAI TEMPAT MENAMBAH RELASi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline