Lihat ke Halaman Asli

Buku Teks Digital sebagai Inovasi Pendidikan di Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan

Diperbarui: 16 Mei 2022   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Era persaingan global menuntut pendidikan yang lebih berkualitas dimana pendidikan tersebut harus dapat menjawab tantangan perubahan dan yang mampu membawa perubahan dalam berbagai dimensi kehidupan. Pendidikan menjadi salah satu sistem dalam masyarakat yang mempunyai peran signifikan dalam memberikan alternatif solusi bagi persoalan sosial kemasyarakatan. 

Maka dari itu diperlukan inovasi dalam bidang pendidikan untuk memudahkan proses belajar agar tujuan pendidikan nasional tercapai. Inovasi dan modernisasi merupakan perubahan sosial yakni dimana terjadi perubahan dalam lembaga masyarakat yang berhubungan dengan nilai sikap sosial dan pola perilaku yang dipengaruhi oleh kebudayaan baik secara material maupun immaterial. 

Inovasi pendidikan merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi yang mulai sadar adanya inovasi sampai menerapkan atau mengimplementasikan inovasi pendidikan. 

Proses dalam inovasi pendidikan ini mengandung arti bahwa aktivitas tersebut dilakukan dengan memakan waktu dan setiap saat tentu terjadi perubahan. Inovasi pendidikan dalam sarana prasarana menjadi salah satu hal penting dalam aspek inovasi pendidikan. 

Hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan dalam lembaga pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran. Banyak kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. 

Salah satu inovasi pendidikan dalam sarana prasarana yaitu dengan adanya digital textbook. Digital textbook atau buku teks digital adalah e-book yang dimaksudkan sebagai buku teks dalam proses pembelajaran. 

Buku teks digital juga dikenal sebagai buku teks elektronik. Digital textbook menjadi komponen utama dalam reformasi pendidikan berbasis teknologi.

Menurut Saleh (2005) perpustakaan digital memudahkan bagi para penggunanya untuk mengakses berbagai sumber informasi dari elektronik dengan sumber alat yang efisien dan menyenangkan pada waktu serta menjadi kesempatan yang tak terbatas. 

Selain saat ini sudah adanya perpustakaan digital yang bisa mengandalkan platform website, buku saat ini juga turut menjadi objek yang digitalkan. Koleksi e-book adalah koleksi buku yang didigitalkan. 

Buku saat ini mengalami perubahan dari bentuk yang awalnya tercetak ini telah menjadi bentuk elektronik. Wajah baru dari e-book berisikan informasi yang dibentuk digitalkan serta bertampilkan teks digital hal ini dirasa efektif serta efisien dibawa kemana saja, kapan saja hanya dengan memanfaatkan teknologi internet. 

Seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sumber belajar juga harus mampu menampilkan simulasi-simulasi interaktif dengan memadukan video, animasi, audio dan gambar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline