Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UMP 073 Mengadakan Pelatihan "Pemanfaatan Limbah Perca Menjadi Souvenir Cantik"

Diperbarui: 21 Agustus 2023   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Pemalang -- Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto kelompok 073 yang berada dibawah bimbingan Dr. Widya Nirmalawati, S.S., M.A telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan "Pemanfaatan Limbah Perca Menjadi Sovenir Cantik" yang dihadiri oleh ibu -- ibu PKK Desa Wisnu Rt 04 di Rumah bu Toripah, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang (05/08/2023).

Koordinator KKN 073 Roni Caniago menyampaikan bahwa salah satu pekerjaan di Desa Wisnu yaitu pengusaha konveksi sehingga memiliki sisa bahan kain perca. Dimana kain perca itu biasanya hanya dibiarkan saja sehingga terjadi penumpukan limbah yang kemudian dibuang dan menjadi barang yang tidak berguna bagi masyarakat. Dengan hal itu dilakukannya pelatihan kewirausaahaan Pemanfaatan Limbah Perca Menjadi Sovenir Cantik diharapkan dapat bermanfaat untuk mengurangi limbah kain perca menjadi barang yang mempunyai nilai jual tinggi. Kegiatan ini didukung oleh dosen pembimbing lapangan yang sekaligus menjadi narasumber pada pelatihan tersebut.

Kain perca yaitu kain sisa atau limbah dari konveksi, pabrik atau garmen yang memproduksi pakaian, sprei dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar kain.

Melakukan pelatihan pembuatan bross/Dokumentasi Pribadi

Pelatihan kewirausahaan pemanfaatan limbah kain perca dilaksanakan di Desa Wisnu RT 04 yang diikuti oleh ibu -- ibu PKK setempat. Ibu Dr. Widya Nirmalawati, S.S., M.A sebagai narasumber pelatihan kain perca ini juga turut serta memeriahkan pelatihan pemanfaatan limbah perca ini.

Antusias serta semangat para ibu -- ibu setempat yang berlomba-lomba dalam mengikuti kegiatan ini menjadi titik tolak ukur bahwa mereka memiliki kesadaran dan keinginan untuk meningkatkan skill kewirausahaan

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kepala Desa Wisnu Bapak B. Sutejo beserta perangkatnya. (ungkap kordes)

Koordinator KKN 073 Roni Caniago mengungkapkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih jiwa kewirausahaan para ibu-ibu sehingga dapat memanfaatkan limbah kain perca yang tidak digunakan untuk dapat bernilai jual yang tentunya manfaatnya akan dapat dirasakan. Pelatihan tersebut meliputi salah satunya cara pembuatan Bros dari kain perca

Di harapkan setelah terlaksananya kegiatan pelatihan ini dapat memberikan motivasi serta semangat kewirausahaan para ibu rumah tangga. Dan kesadaran bahwa kreativitas meski dari limbah yang tidak terpakai pun dapat bernilai jual.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline