Lihat ke Halaman Asli

Menjaga Imunitas di Masa Pandemi

Diperbarui: 15 November 2021   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

                                                                                Menjaga Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi

Pada masa pandemi seperti saat ini, menjaga imunitas tubuh sangat lah penting karena apabila imun dalam tubuh menurun maka tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit termasuk virus yang saat ini muncul yaitu virus covid 19. Dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh itu merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari virus ataupun penyakit lain nya.

Imunitas adalah sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang digunakan untuk melawan bakteri atau benda benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Imunitas termasuk komponen penting dalam tubuh yang harus di jaga. Karena tubuh memerlukan daya tahan tubuh yang kuat untuk menjaga stabilitas.

Adapun cara menjaga imunitas tubuh di masa pandemi adalah dengan makan makanan bergizi buah, sayur tinggi serat dan protein, istirahat yang cukup, tidak merokok dan meminum alkohol, melakukan aktivitas kecil supaya imunitas tetap terjaga dan yang paling penting melakukan olahraga seperti jogging, renang, push up, sit up dan bisa juga melakukan relaksasi atau yoga sebagai pengganti olahraga berat.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas agar tetap meningkat yaitu dengan melakukan kegiatan yang dapat membuat kita merasa bahagia, karena apabila kita merasa bahagia maka imun akan tetap terjaga dan tidak menurun. Selain itu berjemur juga dapat meningkatkan imun dalam tubuh karena tubuh memerlukan pasokan vitamin D, sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berjemur sebaik nya di lakukan sehari 1 kali dengan durasi waktu 10 sampai 20 menit.

Membiasakan hidup bersih dan sehat juga memiliki banyak manfaat bagi imunitas tubuh, karena bakteri dan kuman yang menjadi pemicu adanya berbagai penyakit tidak dapat masuk ke dalam tubuh apabila kita membiasakan kegiatan tersebut. Seperti selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas guna membunuh bakteri yang menempel dan rajin menggunakan hand sanitizer.

Istirahat yang cukup sangat penting dilakukan agar imunitas tetap terjaga, dengan beristirahat maka rasa lelah yang di rasakan oleh tubuh akan berkurang dan menghasilkan ketenangan jiwa dan raga. Kelelahan juga menjadi pemicu menurun nya imun dalam tubuh, karena jika seseorang mengalami kelelahan maka imun dalam tubuh menurun dan tubuh tidak dapat bekerja secara aktif untuk melawan berbagai bakteri dan penyakit. Sehingga tubuh sangat mudah terserang berbagai penyakit.

Pada masa pandemi dapat di diketahui bahwa menjaga imunitas merupakan salah satu hal yang penting di lakukan. Sebaiknya kita perlu memperhatikan kembali kebutuhan tubuh baik asupan makanan maupun segala aktivitas yang dapat menggangu kinerja tubuh dalam meningkatkan imunitas. Berbagai cara yang sudah di paparkan di atas dapat di lakukan sebagai cara untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline