Lihat ke Halaman Asli

Nabilatus Saadah

mahasiswa pendidikan Sejara UniversitasJember

Quipper: Transformasi Dunia Pendidikan Digital

Diperbarui: 3 Oktober 2023   03:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Philipines.quipperschool.com

Quipper adalah salah satu media pembelajaran di era digital. Aplikasi quipper telah banyak digunakan sejak wabah pandemi menyerang di Indonesia. Quipper dirancang untuk memudahkan interaksi antara siswa dan Guru, beberapa fitur-fitur menarik dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang dilakukan.Era digitalisasi membawa perubahan di segala sektor kehidupan Masyarakat salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran dalam jaringan (daring) telah digunakan sejak pandemic COVID-19 menyerang Indonesia. Pembelajaran dari rumah merupakan usaha pemerintah menekan penyebaran COVID-19. Sejak penerapan pembelajaran dari rumah muncul berbagai platform pembelajaran yang memudahkan bagi guru-guru maupun siswa. Perkembangan teknologi semakin maju menghadirkan inovasi pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar seperti Quipper.

Quipper menjadi salah satu aplikasi yang dapat menjawab tantangan zaman. Munculnya Quipper akibat pengaruh kemajuan teknologi yang bisa menyesuaikan dengan tantangan pendidikan zaman sekarang. Manfaat dari penggunaan aplikasi ini dapat dirasakan oleh siswa, gurus serta satuan pendidikan keseluruhan. Mengapa aplikasi seperti Quipper ini penting diterapkan? Alasannya yaitu dapat mengatasai keterbatasan lokasi, efisensi waktu, pengukuran kemampuan, keaktifan siswa, pendukung pembelajaran, dan evaluasi. Jadi dapat diketahui jika aplikasi sejenis Quipper dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meninggkatkan efektivitas dan aksestibilitas pembelajaran dan membawa kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik.

Fitur-fitur yang disajikan oleh Quipper sebagai media pembelajaran pendidikan digital yaitu:

1. Video Pembelajaran

Quipper menyajikan video pembelajaran yang digunakan untuk menjelaskan mengenai materi pembelajaran yang dikemas dengan menarik dan mudah untuk dipahami. Video pembelajaran dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

2. Latihan Interaktif

Quipper menyajikan Latihan soal yang digunakan oleh siswa dalam menguji pemahamannya. Bentuk Latihan disajikan mencakup pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda, essay, mencocokkan, benar/salah, dan lain sebagainya.

3. Kuis dan Evaluasi

Kuis dan evaluasi digunakan oleh guru untuk memantau kemajuan pemahaman siswa mengenai suatu materi.

4. Pelaporan Berbasis Data

Quipper menyajikan pelaporan berbasis data yang berguna bagi guru dan siswa yang mencakup statistic hasil ujian, perkembangan belajar siswa, dan informasi mengenai pemahanan siswa.

Aplikasi Quipper dapat diakses melalui Smartphone, PC atau alat elektronik lainnya. Fleksibel dalam pengaksesan video pembelajaran pada aplikasi ini tidak dibatasi oleh waktu yang memungkinkan siswa mengakses video ketika memiliki waktu atau saat moodnya kembali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline