Lihat ke Halaman Asli

Nabila Tuchfatus Saniyyah

Final Year Student at State University of Malang

Pendampingan Peningkatan Kreativitas Siswa TK dan SD Melalui Lomba Mewarnai Berbasis Online di Desa Madiredo, Pujon

Diperbarui: 23 Juli 2021   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Meskipun dalam kondisi pandemi seperti ini, edukasi dan pengabdian tidaklah putus. Sebagai contohnya adalah mahasiswa dari Universitas Negeri Malang dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang turut andil dalam pendampingan terkait menjadi fasilitator peningkatan tingkat kreativitas anak di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. 

Pada kesempatan kali ini, tim KKN Desa Madiredo melaksanakan berbagai program kerja terkait untuk memberikan edukasi yang terbaik bagi masyarakat Desa Madiredo. Salah satunya adalah program kerja Kompetisi Mewarnai untuk anak TK dan SD yang dilaksanakan secara online karena mengingat masa pandemi ini yang semakin memburuk. Program kerja ini memberikan asahan bagi anak-anak untuk terus mengembangkan tingkat kreativitas anak TK dan SD, yang senantiasa masuk dalam masa Golden Age yaitu usia 0-6 tahun.

dokpri

dokpri

Pada tanggal 13 hingga  17 Juli 2021, pelaksanaan kompetisi mewarnai yang diikuti siswa TK dan SD di desa Madiredo berlangsung secara baik. Pada tanggal 13, Tim KKN memberikan sejumlah formulir dan gambar kepada para guru untuk dibagikan kepada murid-muridnya dan mereka akan mengerjakan di rumah masing-masing untuk tidak membuat kerumunan massa dan memutuskan rantai covid-19 ini. 

Kemudian setelah itu pada tanggal 15 akan diambil dan pada tanggal 16 tim KKN melakukan penjurian untuk menentukan jura 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3. Pada tanggal 17, Tim KKN mengumumkan pemenang lomba mewarnai ini sekaligus menutup acara. Dengan adanya pendampingan ini, siswa mendapatkan pengalaman untuk mengasah kreativitas mereka.

dokpri

dokpri

Program kerja ini juga bertujuan untuk meningkatkan tingkat kreativitas siswa TK dan SD di Madiredo agar mereka senantiasa dapat menyalurkan kreativitas dan seni serta mengasah kemampuan motorik anak dalam acara mewarnai tersebut. Acara ini pun berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti karena mendapatkan sambutan, antusias, hingga dukungan yang luar biasa hebat dari ustadzah serta wali murid siswa di Desa Madiredo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline