Lihat ke Halaman Asli

Nabila Tamara

Mahasiswa

Mengelola Keberagaman

Diperbarui: 19 Juni 2024   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pengertian

Keberagaman merupakan perbedaan yang dimiliki masing-masing individu dari berbagai latar belakang. Keberagaman tidak hanya sebatas perbedaan asal daerah, tetapi juga bisa suku, usia, etnis dan masih banyak hal. Pada perusahaan besar keberagaman di tempat kerja tentunya sebuah hal yang tidak bisa dihindarkan. 

Maka dari itu perusahaan harus memiliki kemampuan mengelola keberagaman. Mengapa mengelola keberagaman di tempat kerja itu sangat penting? Kantor adalah tempat dimana semua orang bekerja dan saling bertukar pikiran dimana hal ini sangat penting untuk menjaga kebersamaan satu dengan lain supaya tidak timbul suatu konflik.

Dengan adanya keberagaman di tempat kerja banyak memberi kemudahan baik untuk perusahaan maupun sesama karyawan. Namun apabila tidak dikelola dengan benar keberagaman ini dapat menjadi boomerang untuk perusahaan di masa yang akan datang. Keberagaman juga perlu diperhatikan di lingkup pendidikan.

Keuntungan

Keberagaman perspektif dicapai ketika seorang manajer dapat menciptakan tim heterogen yang terdiri dari individu-individu dengan latar belakang dan keahlian yang beragam. Beberapa keuntungan menerapkan keberagaman di tempat kerja : 

  1. Dapat menggunakan bakat karyawan dengan maksimal. Perusahaan yang menerapkan keberagaman memiliki karyawan dengan bakat yang lebih bervariasi hal ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan perusahaannya.

  2. Pemahaman tentang pasar yang luas. Karyawan dari berbagai latar belakang memiliki pemahaman pasar yang beragam pula hal ini menjadi poin plus sebuah perusahaan untuk mendekatkan perusahaannya kepada konsumen yang ingin mereka jangkau. 

  3. Peningkatan kualitas masalah tim. Dengan karyawan dari latar belakang yang beragam pemecahan masalah tim juga akan semakin berkualitas karena dapat dilihat dari berbagai aspek dan sudut pandang sehingga dapat menghasilkan output yang lebih baik pula.

Sikap Yang Harus Dihindar

Ada sikap yang tidak boleh seorang manajer miliki yaitu sikap ethnocentrism, prejudice, stereotype, diskriminasi. Empat sikap tersebut harus dihindarkan seorang manajer agar tidak menghambat perusahaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline