Lihat ke Halaman Asli

Menu Sayur di Musim Penghujan

Diperbarui: 31 Januari 2021   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

galamedia.pikiran-rakyat.com

Hujan mengguyur rumah sejak subuh pagi sampai siang hari. Akibatnya perut tidak terkendali "inginnya makan saja sepanjang hari." Waktu sudah menunjukkan jam makan siang dikarenakan pagi tadi hujan tidak berhenti tukang sayurpun tidak kemari untuk menjajakan dagangan ke sekitaran komplek artinya sayapun bergegas menuju dapur untuk memasak makanan seadanya di kulkas. 

"Siang ini masak apa ya?"

Setelah saya melihat keadaan kulkas stok persediaan sayur dan ayam tinggal sedikit. Dengan kata lain mau tidak mau siang ini saya mencoba memasak dengan sisa sayur yang ada. Sepintas pikiran saya tertuju pada sayur lodeh. Bagi saya, menu sayur di musim penghujan yang cocok adalah sayur lodeh.

Alasan untuk memilih membuat sayur lodeh tidak lain adalah kuahnya yang gurih sehingga pas untuk menghangatkan tubuh di musim penghujan seperti sekarang. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah karena saya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas.

Bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat sayur lodeh yang gurih adalah 2 buah wortel, 1 buah jagung, 4 helai kacang panjang, 1 buah terong ungu, 1 buah cabai hijau dan merah, 2 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih, 2 buah kemiri, 3 lembar daun salam, garam dan gula secukupnya serta tidak ketinggalan 1 liter santan. Kalian juga bisa tambahkan labu siam dan juga melinjo jika ingin. 

Adapun cara membuat sayur lodeh yang gurih adalah cuci semua bahan dengan bersih lalu didihkan santan cair kemudian masukkan bahan yang lama matangnya sperti jagung dan yang lainnya. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan seperti kemiri dan yang lain. Masukkan santan kental dan juga kacang panjang sembari di aduk hingga rata. Tara... Sayur lodeh yang gurih siap di hidangkan.

Menu makan siang hari ini begitu hangat dengan hidangan nasi panas, ayam goreng dan tidak ketinggalan sayur lodeh yang gurih. Selamat berakhir pekan dan selamat mencoba.

Imdramayu, 31 Jamuari 2021|12:49




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline