Lihat ke Halaman Asli

Karakteristik dan Gaya Kepemimpinan Seorang Pemimpin

Diperbarui: 11 Juli 2021   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Menjadi seorang pemimpin haruslah memiliki mental yang kuat. Sebenarnya sifat dan mental seorang pemimpin bisa dibangun dengan prinsip yang dimiliki oleh diri sendiri. Pada dasarnya yang membedakan seorang pemimpin ialah sifat dan karakteristik yang ia miliki. Seorang pemimpin kecerdasan yang membuat diri nya semakin keliatan dan membuktikan bahwa ia benar seorang leader serta pemimpin pastinya haru memiliki sifat jujur serta kepercayaan diri yang tinggi , karena sudah sewajarnya jika seorang pemimpin kepercayaan diri yang tinggi karena ia harus meyankinkan para anggotanya bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang tepat.

Dan tidak luput juga seorang pemimpin memiliki penampilan yang rapih. Mengapa? Karena jika pemimpin tidak berpenampilan yang rapih bagaimana dengan para anggotanya. Pemimpin ialah contoh maka dari itulah dalam segi penampilan pemimpin haruslah menjadi contoh yang baik.

Adapun gaya kepemimpinan seorang pemimpin  pastinya menentukan bagaimana keberhasilan dan kesuksesan perusahaan ataupun organisasi yang ia pimpin. Jika seorang pemimpin mengunakan gaya kepemimpinan yang Autocratic atau kepemimpinan satu arah maka pemimpin pastinya lebih dominan dalam segala hal. Pemimpin yang menggunakan cara ini cenderung lebih membuat keputusannya sendiri tanpa meminta pendapat orang lain dan pemimpin dengan gaya kepemimpinan seperti ini biasanya cenderung ditakuti anggota atau pegawainya. Walaupun gaya kepmimpinan ini cenderung tidak disukai namun pemimpin seperti ini sangatlah cocok disaat kritis.

Namun ada pula gaya kepemimpinan yang lain yaitu ialah democratic. Gaya kepmimpinan ini cenderung disukai oleh para anggota atau karyawan Karen sistem pada gaya ini ialah membuka ruang opini bagi para anggota namun tetaplah pemimpin yang memegang kendali.

Dari kedua gaya kepemimpinan tersebut semua pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semua balik lagi bagaimana sifat dari seorang pemimpin tersebut, yang pastinya sebagai pemimpin haruslah menjadi suri teladan yang baik dan bijaksana untuk anggotanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline