Semenjak pandemi Covid-19 hingga saat ini, sudah banyak perusahaan yang memberikan kebijakan untuk para karyawannya bekerja dari mana saja. Saya pun termasuk salah satunya.
Saat ini, hampir sekitar 90% waktu bekerja saya dihabiskan di rumah. Namun, terkadang saya merasa suasana bekerja di rumah kurang kondusif dan nyaman. Tak jarang, punggung saya terasa pegal karena harus duduk selama berjam-jam.
Jadinya, selama beberapa bulan terakhir ini saya memutuskan untuk menciptakan ruang kerja sederhana di rumah untuk menambah produktivitas. Soalnya, kalau dibandingkan dengan bekerja di dalam kamar tidur atau ruang tamu, ruang kerja khusus bisa membantu kita untuk tetap fokus tanpa mudah terdistraksi.
Apalagi, kita bisa menciptakan ruang kerja dengan rasa nyaman dan sesuai selera. Nah, buat kamu yang ingin menciptakan suasana kerja ala kantoran di rumah sendiri, ini dia tips dari saya yang bisa kamu ikuti.
1. Gunakan Kursi Kerja Ergonomis
Kursi kerja ergonomis menjadi faktor penentu yang membuat kita nyaman untuk duduk berlama-lama. Sebelum mengetahui ini, tulang belakang saya selalu merasa nyeri dan pegal setelah bekerja. Soalnya, saya hanya duduk di kursi biasa.
Namun, akhirnya saya membeli kursi kerja yang ergonomis dengan ketinggiannya bisa diatur, memiliki sandaran lengan dan kaki, dan mengutamakan bentuk yang mampu menopang tulang belakang.
Tips dari saya kalau kamu ingin membeli kursi kantor seperti ini, jangan lupa untuk mencobanya juga, ya.
2. Gunakan Furniture Multifungsi
Sebenarnya, ruang kerja di rumah saya ini sangat terbatas, hanya sekitar 2x2 meter persegi saja. Namun, hal tersebut tidak menghentikan keinginan saya buat menciptakannya jadi senyaman mungkin.
Jadinya, saya mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan furniture multifungsi, seperti meja kerja yang sudah dilengkapi rak tertutup di bagian bawahnya. Lalu, saya bisa menyimpan berbagai dokumen penting di dalam rak tersebut supaya aman.