Sebelum memulai pembahasan, mari kita membahas tentang apa itu Biro Iklan terlebih dahulu.
Biro Iklan adalah suatu lembaga usaha yang memberikan jasa periklanan bagi siapa yang membutuhkan baik perorangan, perusahaan pembuat barang atau pemasok jasa. Membantu merencanakan dan melaksanakan kampanye periklanan.
Biro Iklan memiliki keuntungan dan kekurangan, antara lain:
Keuntungan:
- Memperoleh jasa-jasa ahli yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang periklanan, serta wawasan dan keterampilan komunikasi pemasaran lainnya.
- Memperoleh kekuatan negosiasi dengan media.
- Mampu mengkoordinasikan sebagai upaya periklanan dan pemasaran.
- Dipegang oleh profesional dibidangnya.
Kekurangan:
- Beberapa kontrol terhadap fungsi periklanan hilang.
- Cenderung menolak klien yang kecil.
- Terkadang tidak efisien dalam memilih media.
Nah, segitu dulu ya pembahasan tentang Biro Iklannya. Sekarang kita akan masuk ke pembahasan yaitu cara memilih biro iklan yang tepat untuk beriklan.
Banyaknya agensi periklanan atau biro iklan di Jakarta membuat pengiklan bingung yang mana biro iklan terpercaya dan memiliki kinerja yang bagus. Saat ini, banyak yang menggunakan jasa biro iklan untuk mempromosikan barang atau jasa maka dari itu kita harus memperhatikan betul cara-cara yang nanti akan dipaparkan karena biro iklan manapun yang akan Anda pilih nantinya itu akan berdampak besar pada kampanye iklan Anda dan seberapa besar audiens yang tertarik akan kampanye iklan Anda, jadi proses pemilihan biro iklan ini merupakan tahap penting dalam menentukan kelanjutan produk atau jasa Anda.
Berikut cara-cara dalam memilih biro iklan yang tepat, dilansir pada brightstars.co.id
Menentukan layanan apa yang Anda butuhkan
"Sebelum memilih agensi mana yang akan digunakan, tentukanlah dahulu alasan Anda menggunakan jasa agensi. Apakah Anda hanya memerlukan materi untuk melakukan promosi terhadap produk atau jasa Anda, seperti brosur, atau postcard? Jika itu yang Anda butuhkan maka Anda hanya butuh creative agency bukan full service advertising agency."
Maksudnya adalah kita harus menentukan dulu kita mau beriklan bagaimana? Kalau hanya sekedar membuat brosur, banner, pamflet maka Anda hanya membutuhkan Creative Agency.