Lihat ke Halaman Asli

Bau Mulut

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ketika Anda sedang ngobrol dengan seseorang dan tercium bau tidak sedap dari mulutnya, tentu saja kita akan merasa sangat terganggu. Bukan hanya itu, kita sendiri pun juga tidak mau mengalami hal yang sama, dijauhi orang sekitar karena bau mulut yang tidak sedap. Mari kita bahas masalh bau mulut tersebut!

Bau mulut bisa ditandai dengan mulut kering, air liur yang kental, serta rasa yang tidak nyaman saat berbicara. Dengan menyikat gigi dua kali sehari secara rutin dan berkumur dengan cairan khusus sebenarnya bisa menghilangkan bau mulut ini. Tapi, bagi sebagian orang, bau mulut sudah menjadi penyakit dan susah untuk dihilangkan. Mulut yang tidak sehat memiliki plak dan bakteri yang menumpuk akibat sisa makanan. Inilah yang meyebabkan bau mulut.

Kebiasaan menyikat gigi sampai berdarah juga menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Selain itu kekurangan karbohidrat, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, rokok, dan gigi berlubang juga merupakan beberapa faktor lain dari datangnya bau mulut. Jadi, harus bagaimana dengan bau mulut ini? Nah, ada beberapa cara untuk menghilangkannya. Selain sikat gigi dua kali sehari secara rutin, minum banyak air putih juga bisa menghilangkan bau mulut. Jangan merokok, konsumsi vitamin C, jangan lupa menyikat lidah setiap kali sikat gigi, dan yang terakhir adalah kontrol kesehatan gigi setiap enam bulan sekali di dokter gigi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline