Lihat ke Halaman Asli

Nabila Nurdiana

Mahasiswa UNJ

Peran TNI dalam Upaya Mengurangi Angka Penularan Virus Covid-19 pada PPKM Darurat

Diperbarui: 2 November 2021   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada awal tahun 2020 dunia dikejutkan dengan adanya virus yang berasal dari salah satu pasar yang berada di Wuhan, tepatnya di negara China. asal mula virus berdasarkan versi pemerintah China adalah sebuah pasar hewan laut di Wuhan. Namun, ada beberapa kasus awal yang tak berkaitan dengan pasar ini.

Penyebaran virus Covid-19 ini juga dinyatakan sebagai pandemic global. Karena telah tersebar di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Kemudian, pada awal bulan maret tahun 2020 untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan kasus covid-19, yaitu adanya pasien yang berjumlah dua pasien dinyatakan positif covid-19 di Indonesia. 

Tetapi ada salah satu pakar Epidemiologi Universitas Indonesia yang bernama Pandu Riono mengatakan bahwa virus corona yang berjenis SARS-CoV-2 sebagai penyebab Covid-19 tersebut sudah mulai masuk ke Indonesia sejak awal bulan Januari 2020 .

Hanya saja, pengidentifikasian kasus pertama tersebut pada awal bulan maret  sudah merupakan transmisi lokal dan bukan merupakan penularan kasus impor. 

Masuknya virus tersebut sangat mungkin terjadi melalui beberapa celah pintu-pintu yang ada di beberapa wilayah Indonesia. Sejak januari saat virus corona ini diumumkan dapat menularkan antar manusia, dan juga seudah menjajah diberbagai negara lain selain wilayah Wuhan, di China. 

Salahnya pemerintah Indonesia tidak mengambil Langkah yang tepat, yaitu tidak lantas langsung menutup akses penerbangan langsung dari dan ke Wuhan, yang ada di sekitar enam bandara, diantaranya yaitu Batam, Jakarta, Denpasar, Manado dan Makassar.
China juga mengklaim corona yang berasal dari jejak Covid-19 di makanan beku impor yang masuk ke Wuhan, China. Karena virus corona yang meningkat di China ditemukan terkait dengan makanan beku impor. 

Kata peneliti penyakit Universitas Wuhan, Yang Zhanqiu. Hal tersebut tidak pernah terlintas dalam pikiran sebelumnya, tetapi sekarang nampaknya masuk akal bahwa virus tersebut mungkin telah diimpor ke wuhan melalui produk makanan beku yang diimpor. 

Hingga saat ini, asal usul Covid-19 masih terus menjadi misteri, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sedang berusaha secepat mungkin untuk pergi ke China dan menginvestigasi awal mula terjadinya virus corona yang ada di wuhan, China.  Seorang pakar dari China yang tidak ingin disebutkan namanya menyebut, Corona kemungkinan besar terjadi lebih dulu di negara lain dan menyebar di Wuhan, China. Namun, apa yang disampaikannya belum bisa disertai dengan bukti yang cukup.

Pemerintah Indonesia merasa sudah cukup melakukan Langkah-langkah antisipasi, antara lain menggunakan health alert card atau yellow card dan juga thermal scanner untuk mengecek suhu tubuh diatas 38,5 derajat celcius di pintu masuk dan keluar RI. 

Hasilnya, data laporan kumulatif kasus konfirmasi positif covid-19 yang setiap hari ditemukan oleh pemerintah menunjukkan bahwa sejak bulan Maret hingga April data grafiknya semakin meningkat signifikan di wilayah sumatera utara, bali, kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan juga tentunya DKI Jakarta. 

Hal ini dilihat dari angka laporan kasus sejak bulan Maret hingga April. Pada saat ini, yang perlu diperhatikan oleh semua kalangan baik itu pemerintah sampai masyarakat perlu mendorong adanya inisiatif pembatasan sosial berbasis komunitas bukan hanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saja, karena pembatasan sosial di masyarakat lokal sangat diperlukan untuk diberlakukan sebagai suatu bentuk kewaspadaan dan suatu bentuk sikap tanggap terhadap pemutusan rantai covid-19 ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline