Lihat ke Halaman Asli

Metode Pembelajaran Drill, Solusi bagi Siswa yang Sulit Menghafal Kosa Kata

Diperbarui: 15 November 2021   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Metode drill dan latihan bagi siswa yang sedikit kesulitan dalam mengingat kosa kata

Banyak sekali macam macam metode pembelajaran yang biasa digunakan.tetapi kali ini saya akan membahas satu metode yaitu metode pembelajaran drill dan latihan.

Menurut abu ahmad Pengertian dari metode drill adalah suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan- kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari

Sedangkan Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain berpendapat bahwa metode latihan merupakan suatu cara untuk mempelajari dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Metode ini juga sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selain itu, metode ini dapat juga digunakan untuk ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan ketrampilan.

Dalam bukunya, Nana Sudjana mengutarakan bahwa metode drill adalah satu kegiatan melakukan hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi bersifat permanen.

Dengan adanya metode drill ini mampu memudahkan siswa dalam mengingat kosa kata.penerapan dalam metode ini juga sangat mudah akan tetapi kita sebagai pengajar juga harus memberi variasi dipengajaran sehingga siswa dalam belajarnya merasa senang dan tidak mudah bosan.dan jangan terlalu memberi siswa banyak kosa kata untuk dihafalkan.setelah melakukan hafalan mungkin guru bisa memberikan soal latihan kepada siswa.jadi tidak hanya sekedar mengingat tapi ia juga mampu menerapkannya.sehingga apa yang ia hafalkan tadi tidak mudah lupa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline