Lihat ke Halaman Asli

Nabil Annisa

Content Marketing

Ketahui Jenis-jenis Iklan Berikut Ini Sebelum Memasangnya!

Diperbarui: 10 November 2022   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kata "Iklan" sangat erat kaitannya dengan proses pemasaran sebuah bisnis. Dengan adanya iklan, masyarakat jadi lebih tahu mengenai produk yang Anda tawarkan.

Setiap produk tentu saja membutuhkan iklan yang untuk memasarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Beragam jenis iklan yang bisa Anda gunakan, seperti advertisement di televisi, media sosial, hingga advertisement yang terpampang di jalanan.

Namun, apa sih yang dimaksud dengan iklan? Apa manfaat iklan bagi sebuah bisnis? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

Pengertian Iklan

Iklan atau yang biasa disebut juga dengan advertisement merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan perusahaan terhadap calon pelanggannya. Menurut Gilson & Berkman, advertisement merupakan sebuah bentuk media komunikasi persuasif yang dibuat untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya sebuah tujuan pemasaran.

Ditambah lagi, Liliweri mengemukakan bahwa advertisement merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki peran penting sebagai alat pemasaran dalam membantu meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dengan memberikan layanan/gagasan/ ide -- ide melalui saran tertentu dalam bentuk persuasif.

Fungsi & Manfaat Iklan

Terdapat beberapa fungsi iklan secara umum yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  • Persuading (Membujuk)

  • Reminding (Mengingatkan)

  • Informing (Memberikan Informasi)

  • Adding Value (Memberikan Nilai Tambah)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline