Kata "Iklan" sangat erat kaitannya dengan proses pemasaran sebuah bisnis. Dengan adanya iklan, masyarakat jadi lebih tahu mengenai produk yang Anda tawarkan.
Setiap produk tentu saja membutuhkan iklan yang untuk memasarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Beragam jenis iklan yang bisa Anda gunakan, seperti advertisement di televisi, media sosial, hingga advertisement yang terpampang di jalanan.
Namun, apa sih yang dimaksud dengan iklan? Apa manfaat iklan bagi sebuah bisnis? Berikut penjelasannya!
Baca Juga: 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation
Pengertian Iklan
Iklan atau yang biasa disebut juga dengan advertisement merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan perusahaan terhadap calon pelanggannya. Menurut Gilson & Berkman, advertisement merupakan sebuah bentuk media komunikasi persuasif yang dibuat untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya sebuah tujuan pemasaran.
Ditambah lagi, Liliweri mengemukakan bahwa advertisement merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki peran penting sebagai alat pemasaran dalam membantu meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dengan memberikan layanan/gagasan/ ide -- ide melalui saran tertentu dalam bentuk persuasif.
Fungsi & Manfaat Iklan
Terdapat beberapa fungsi iklan secara umum yang harus Anda ketahui, diantaranya:
Persuading (Membujuk)
Reminding (Mengingatkan)
Informing (Memberikan Informasi)
Adding Value (Memberikan Nilai Tambah)