Lihat ke Halaman Asli

Nabil Annisa

Content Marketing

Tentukan Rencana Pemasaran Bisnismu Dengan Langkah Berikut Ini!

Diperbarui: 22 September 2022   09:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Unsplash.com/@brandsandpeople

Rencana pemasaran atau yang biasa disebut juga dengan marketing plan merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Dalam hal ini, rencana merupakan upaya yang tepat dalam membuat strategi pemasaran.

Baca Juga: Intrapreneur: Pengertian hingga Perbedaannya Dengan Entrepreneur

Marketing plan bertujuan untuk mengembangkan strategi bisnis agar tujuan sebuah perusahaan dapat tercapai secara maksimal. sebuah bisnis yang telah menentukan marketing plan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Maka dari itu, setiap bisnis atau usaha sangat direkomendasikan untuk memiliki rencana pemasaran. Namun dalam pembuatan rencana pemasaran, terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, simak artikel berikut ini untuk mengetahui penjelasannya!

Cara Menentukan Rencana Pemasaran

Berikut beberapa tips untuk menentukan rencana pemasaran yang tepat untuk bisnismu!

  • Melakukan dan menerapkan analisis SWOT

  • Menetapkan tujuan dan target yang ingin dicapai

  • Menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan pasar

  • Membentuk dan menentukan tim yang kompeten

  • Menyusun dan membuat budget pemasaran

Contoh Rencana Pemasaran Kopi Sehati

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline